http://downloads.ziddu.com/download/25014436/MATERI_PAI_1.ppt.html
Selasa, 29 September 2015
MATERI PAI 1
Pendidikan agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, mengimani, bertakwa, berakhlak mulia, mengamalkan ajaran agama Islam dari sumber utamanya kitab suci Al-Quran dan Hadits, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta penggunaan pengalaman. selengkapnya bisa dilihat pada link ini :
http://downloads.ziddu.com/download/25014436/MATERI_PAI_1.ppt.html
http://downloads.ziddu.com/download/25014436/MATERI_PAI_1.ppt.html
Senin, 28 September 2015
PEMBAGIAN HADITS (Kualitas Sanad)
Menurut Ibn al-Salah :
أما الحديث الصحيح فهوالحديث المسند الذي يتصل إسناده بنقل العدل الضابط عن العادل الضابط
إلى منتهاه ولايكون شاذا ولا معللا
“Hadis shahih adalah hadits yang bersambung sanadnya (sampai
kepada Nabi), diriwayatkan oleh (periwayat) yang adil dan dhabit
sampai akhir sanadnya, tidak terdapat kejanggalan (syadz) dan
cacat (‘Illat).
Menurut Imam AL-Nawawi :
هو ما اتصل سنده بالعدول الضابطين من غير شذوذ ولا علة.
Yaitu hadis yang bersambung sanadnya melalui perawi-perawi yang adil lagi dabit tanpa ada syaz dan ‘illat
keterangan lebih lanjut bisa didownload pada link ini :
http://downloads.ziddu.com/download/25014003/9._PEMB._HADITS_KUWALITAS.ppt.html
أما الحديث الصحيح فهوالحديث المسند الذي يتصل إسناده بنقل العدل الضابط عن العادل الضابط
إلى منتهاه ولايكون شاذا ولا معللا
“Hadis shahih adalah hadits yang bersambung sanadnya (sampai
kepada Nabi), diriwayatkan oleh (periwayat) yang adil dan dhabit
sampai akhir sanadnya, tidak terdapat kejanggalan (syadz) dan
cacat (‘Illat).
Menurut Imam AL-Nawawi :
هو ما اتصل سنده بالعدول الضابطين من غير شذوذ ولا علة.
Yaitu hadis yang bersambung sanadnya melalui perawi-perawi yang adil lagi dabit tanpa ada syaz dan ‘illat
keterangan lebih lanjut bisa didownload pada link ini :
http://downloads.ziddu.com/download/25014003/9._PEMB._HADITS_KUWALITAS.ppt.html
Minggu, 27 September 2015
DIKLAT QAIDAH USHULIYYAH
QAIDAH USHULIYYAH
1. Pengertian Ushul Fiqih
Ushul Fiqih terdiri atas dua kata, yaitu dan . merupakan bentuk jama' (plural) dari , yang secara etimologi artinya adalah dan secara terminologi adalah: Adapun , secara etimologi ialah , dan secara terminologi ialah: Maka, ushul fiqih adalah: ”Ilmu pengetahuan dari hal kaidah-kaidah dan pembahasan-pembahasan yang dapat membawa kepada pengambilan hukum-hukum tentang amal perbuatan manusia dari dalil-dalil yang terperinci”.
2. Objek Pembahasan Ushul Fiqih
Yang menjadi objek pembahasan (maudlu') Ushul Fiqih ialah: dalil-dalil syara' itu sendiri dari segi bagaimana penunjukannya kepada suatu hukum secara ijmâli (menurut garis besarnya).
3. Al-Ahkam
Hukum syar'i ialah: "Khithab pencipta syari'at yang berkaitan dengan perbuatan-perbuatan orang mukallaf, yang mengandung suatu tuntutan, atau pilihan yang menjadikan sesuatu sebagai sebab, syarat atau pengahalang bagi adanya sesuatu yang lain". Hukum syar'i dibagi kepada dua macam, yaitu (1) Hukum taklifi, dan (2) Hukum Wad'i. selengkapnya bisa didownload pada link ini :
http://downloads.ziddu.com/download/25013137/DIKTAT_USHUL_FIQIH.pdf.html
1. Pengertian Ushul Fiqih
Ushul Fiqih terdiri atas dua kata, yaitu dan . merupakan bentuk jama' (plural) dari , yang secara etimologi artinya adalah dan secara terminologi adalah: Adapun , secara etimologi ialah , dan secara terminologi ialah: Maka, ushul fiqih adalah: ”Ilmu pengetahuan dari hal kaidah-kaidah dan pembahasan-pembahasan yang dapat membawa kepada pengambilan hukum-hukum tentang amal perbuatan manusia dari dalil-dalil yang terperinci”.
2. Objek Pembahasan Ushul Fiqih
Yang menjadi objek pembahasan (maudlu') Ushul Fiqih ialah: dalil-dalil syara' itu sendiri dari segi bagaimana penunjukannya kepada suatu hukum secara ijmâli (menurut garis besarnya).
3. Al-Ahkam
Hukum syar'i ialah: "Khithab pencipta syari'at yang berkaitan dengan perbuatan-perbuatan orang mukallaf, yang mengandung suatu tuntutan, atau pilihan yang menjadikan sesuatu sebagai sebab, syarat atau pengahalang bagi adanya sesuatu yang lain". Hukum syar'i dibagi kepada dua macam, yaitu (1) Hukum taklifi, dan (2) Hukum Wad'i. selengkapnya bisa didownload pada link ini :
http://downloads.ziddu.com/download/25013137/DIKTAT_USHUL_FIQIH.pdf.html
Power Point Metode Penelitian
Business Risearch Methods, 2001, Donal R. Cooper & Pamela S. Schindler, McGraw Hill, Inc. 7th edition, USA.
Uma Sekaran, 1992, Research Methods for Business: A Skill Building Approach, 2th Edition, John Wiley & Son, i9nc. New York, USA.
FN. Kerlinger, 1998, Azas-Azas Penelitian Behavioral, 3th edition, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Modul Metodologi Penelitian, 2002,.
lebih jelasnya bisa dilanjut pada power point dilink ini :http://downloads.ziddu.com/download/25011774/metode_penelitian.ppt.html
Uma Sekaran, 1992, Research Methods for Business: A Skill Building Approach, 2th Edition, John Wiley & Son, i9nc. New York, USA.
FN. Kerlinger, 1998, Azas-Azas Penelitian Behavioral, 3th edition, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Modul Metodologi Penelitian, 2002,.
lebih jelasnya bisa dilanjut pada power point dilink ini :http://downloads.ziddu.com/download/25011774/metode_penelitian.ppt.html
Jumat, 25 September 2015
Dampak Pernikahan Dini Menurut Komunikasi
PEMBAHASAN
A. Pengertian Nikah Dini
Menurut syara’, menikah adalah sebuah ikatan seorang waniata dengan seorang laki-laki dengan ucapan-ucapan tertentu ( ijab dan qabul ) yang memenuhi syarat dan rukunnya.
Arti pernikahan dalam islam adalah suatu ikatan lahir batin antara laki-laki dan seorang perempuan untuk hidup bersama dalam rumah tangga dan berketurunan,yang dilaksanakan menurut ketentuan syariat islam.
Sedangkan dini tersimpul dalam ungkapan seorang penulis,”Banyak orang mengatakan bahwa menikah saat kuliah akan mengganggu dan merugikan kita, padahal sangat sangat menguntungkan. Bahkan ada yang mengatakn bahwa barang siapa mengetahui tentang keutamaan menikah sejak dini maka orang tersebut tidak ingin menundannya hingga esok hari, apalagi tahun depan”.
Dari itu maka dapat dipahami bahwa yang dimaksud nikah dini adalah sebuah ikatan suami istri yang dilakukan pada saat kedua calon suami dan istri masih usia muda. Meskipun muda ini berbeda pengertian menurut daerah tertentu. selanjutnya bisa dibuka pada link ini : http://downloads.ziddu.com/download/25010767/makalah_pernikahan_dini.docx.html
A. Pengertian Nikah Dini
Menurut syara’, menikah adalah sebuah ikatan seorang waniata dengan seorang laki-laki dengan ucapan-ucapan tertentu ( ijab dan qabul ) yang memenuhi syarat dan rukunnya.
Arti pernikahan dalam islam adalah suatu ikatan lahir batin antara laki-laki dan seorang perempuan untuk hidup bersama dalam rumah tangga dan berketurunan,yang dilaksanakan menurut ketentuan syariat islam.
Sedangkan dini tersimpul dalam ungkapan seorang penulis,”Banyak orang mengatakan bahwa menikah saat kuliah akan mengganggu dan merugikan kita, padahal sangat sangat menguntungkan. Bahkan ada yang mengatakn bahwa barang siapa mengetahui tentang keutamaan menikah sejak dini maka orang tersebut tidak ingin menundannya hingga esok hari, apalagi tahun depan”.
Dari itu maka dapat dipahami bahwa yang dimaksud nikah dini adalah sebuah ikatan suami istri yang dilakukan pada saat kedua calon suami dan istri masih usia muda. Meskipun muda ini berbeda pengertian menurut daerah tertentu. selanjutnya bisa dibuka pada link ini : http://downloads.ziddu.com/download/25010767/makalah_pernikahan_dini.docx.html
Kamis, 24 September 2015
Pengertian tasawuf
. Pengetian Tasawuf
Arti tasawuf dan asal katanya menurut logat sebagaimana tersebut dalam buku Mempertajam Mata Hati (dalam melihat Allah). Menurut Syekh Ahmad ibn Athaillah yang diterjemahkan oleh Abu Jihaduddin Rafqi al-Hānif :
1. Berasal dari kata suffah (صفة)= segolongan sahabat-sahabat Nabi yang menyisihkan dirinya di serambi masjid Nabawi, karena di serambi itu para sahabat selalu duduk bersama-sama Rasulullah untuk mendengarkan fatwa-fatwa beliau untuk disampaikan kepada orang lain yang belum menerima fatwa itu.
2. Berasal dari kata sūfatun (صوفة)= bulu binatang, sebab orang yang memasuki tasawuf itu memakai baju dari bulu binatang dan tidak senang memakai pakaian yang indah-indah sebagaimana yang dipakai oleh kebanyakan orang.
3. Berasal dari kata sūuf al sufa’ (صوفة الصفا)= bulu yang terlembut, dengan dimaksud bahwa orang sufi itu bersifat lembut-lembut.
4. Berasal dari kata safa’ (صفا)= suci bersih, lawan kotor. Karena orang-orang yang mengamalkan tasawuf itu, selalu suci bersih lahir dan bathin dan selalu meninggalkan perbuatan-perbuatan yang kotor yang dapat menyebabkan kemurkaan Allah.
Pendapat tersebut di atas menjadi khilaf (perbedaan pendapat) para ulama, bahkan ada pendapat tidak menerima arti tasawuf dari makna logat atau asal kata. Menurut al-Syekh Abd. Wahid Yahya berkata: Banyak perbedaan pendapat mengenai kata”sufi” dan telah ditetapkan ketentuan yang bermacam-macam, tanpa ada satu pendapat yang lebih utama dari pendapat lainnya kerena semua itu bisa diterima. selanjutnya bisa dilihat pada link ini :http://downloads.ziddu.com/download/25010128/Pengertian_tasawuf.docx.html
Arti tasawuf dan asal katanya menurut logat sebagaimana tersebut dalam buku Mempertajam Mata Hati (dalam melihat Allah). Menurut Syekh Ahmad ibn Athaillah yang diterjemahkan oleh Abu Jihaduddin Rafqi al-Hānif :
1. Berasal dari kata suffah (صفة)= segolongan sahabat-sahabat Nabi yang menyisihkan dirinya di serambi masjid Nabawi, karena di serambi itu para sahabat selalu duduk bersama-sama Rasulullah untuk mendengarkan fatwa-fatwa beliau untuk disampaikan kepada orang lain yang belum menerima fatwa itu.
2. Berasal dari kata sūfatun (صوفة)= bulu binatang, sebab orang yang memasuki tasawuf itu memakai baju dari bulu binatang dan tidak senang memakai pakaian yang indah-indah sebagaimana yang dipakai oleh kebanyakan orang.
3. Berasal dari kata sūuf al sufa’ (صوفة الصفا)= bulu yang terlembut, dengan dimaksud bahwa orang sufi itu bersifat lembut-lembut.
4. Berasal dari kata safa’ (صفا)= suci bersih, lawan kotor. Karena orang-orang yang mengamalkan tasawuf itu, selalu suci bersih lahir dan bathin dan selalu meninggalkan perbuatan-perbuatan yang kotor yang dapat menyebabkan kemurkaan Allah.
Pendapat tersebut di atas menjadi khilaf (perbedaan pendapat) para ulama, bahkan ada pendapat tidak menerima arti tasawuf dari makna logat atau asal kata. Menurut al-Syekh Abd. Wahid Yahya berkata: Banyak perbedaan pendapat mengenai kata”sufi” dan telah ditetapkan ketentuan yang bermacam-macam, tanpa ada satu pendapat yang lebih utama dari pendapat lainnya kerena semua itu bisa diterima. selanjutnya bisa dilihat pada link ini :http://downloads.ziddu.com/download/25010128/Pengertian_tasawuf.docx.html
Rabu, 23 September 2015
MAKALAH GAYA KOMUNIKASI ORGANISASI
Gaya komunikasi (communication style) didefinisikan sebagai seperangkat perilaku antar pribadi yang terspesialisasi yang digunakan dalam suatu situasi tertentu (a specialized set of intexpersonal behaviors that are used in a given situation). (Efendi, 2001).
Masing-masing gaya komunikasi terdiri dari sekumpulan perilaku komunikasi yang dipakai untuk mendapatkan respon atau tanggapan tertentu dalam situasi yang tertentu pula. Kesesuaian dari satu gaya komunikasi yang digunakan, bergantung pada maksud dari pengirim (sender) dan harapan dari penerima (receiver).
Gaya Komunikasi yang akan kita pelajari adalah sebagai berikut: (Efendi, 2001).
1. 1. The Controlling style
Gaya komunikasi yang bersifat mengendalikan ini, ditandai dengan adanya satu kehendak atau maksud untuk membatasi, memaksa dan mengatur perilaku, pikiran dan tanggapan orang lain. Orang-orang yang menggunakan gaya komunikasi ini dikenal dengan nama komunikator satu arah atau one-way communications.
Pihak-pihak yang memakai controlling style of communication ini, lebih memusatkan perhatian kepada pengiriman pesan dibanding upaya mereka untuk berharap pesan. Mereka tidak mempunyai rasa ketertarikan dan perhatian untuk berbagi pesan. Mereka tidak mempunyai rasa ketertarikan dan perhatian pada umpan balik, kecuali jika umpan balik atau feedback tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi mereka. Para komunikator satu arah tersebut tidak khawatir dengan pandangan negatif orang lain, tetapi justru berusaha menggunakan kewenangan dan kekuasaan untuk memaksa orang lain mematuhi pandangan-pandangannya.
Selanjutnya bisa didownload pada link ini :
http://downloads.ziddu.com/download/25008994/MAKALAH_KOM.rtf.html
Masing-masing gaya komunikasi terdiri dari sekumpulan perilaku komunikasi yang dipakai untuk mendapatkan respon atau tanggapan tertentu dalam situasi yang tertentu pula. Kesesuaian dari satu gaya komunikasi yang digunakan, bergantung pada maksud dari pengirim (sender) dan harapan dari penerima (receiver).
Gaya Komunikasi yang akan kita pelajari adalah sebagai berikut: (Efendi, 2001).
1. 1. The Controlling style
Gaya komunikasi yang bersifat mengendalikan ini, ditandai dengan adanya satu kehendak atau maksud untuk membatasi, memaksa dan mengatur perilaku, pikiran dan tanggapan orang lain. Orang-orang yang menggunakan gaya komunikasi ini dikenal dengan nama komunikator satu arah atau one-way communications.
Pihak-pihak yang memakai controlling style of communication ini, lebih memusatkan perhatian kepada pengiriman pesan dibanding upaya mereka untuk berharap pesan. Mereka tidak mempunyai rasa ketertarikan dan perhatian untuk berbagi pesan. Mereka tidak mempunyai rasa ketertarikan dan perhatian pada umpan balik, kecuali jika umpan balik atau feedback tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi mereka. Para komunikator satu arah tersebut tidak khawatir dengan pandangan negatif orang lain, tetapi justru berusaha menggunakan kewenangan dan kekuasaan untuk memaksa orang lain mematuhi pandangan-pandangannya.
Selanjutnya bisa didownload pada link ini :
http://downloads.ziddu.com/download/25008994/MAKALAH_KOM.rtf.html
Selasa, 22 September 2015
PSIKOLOGI = ILMU JIWA
PSIKOLOGI = ILMU JIWA Dapatkah jiwa dipelajari secara Ilmiah?Jiwa tidak dapat dipelajari secara ilmiah.
Sesuatu dapat dipelajari secara ilmiah jika keberadaannya dapat diobservasi.
Yang dipelajari psikologi bukan jiwa manusia secara langsung tetapi manifestasi dari keberadaan jiwa berupa perilaku dan hal-hal lain yang berhubungan dengan perilaku. selengkapnya bisa didownload pada link ini :http://downloads.ziddu.com/download/25006854/pengantar-psikologi.ppt.html
Sesuatu dapat dipelajari secara ilmiah jika keberadaannya dapat diobservasi.
Yang dipelajari psikologi bukan jiwa manusia secara langsung tetapi manifestasi dari keberadaan jiwa berupa perilaku dan hal-hal lain yang berhubungan dengan perilaku. selengkapnya bisa didownload pada link ini :http://downloads.ziddu.com/download/25006854/pengantar-psikologi.ppt.html
Senin, 21 September 2015
Power Point Aqidah Islamiyah
AQIDAH berasal dari kata 'aqoda, ya‘qudu, ‘aqdan-‘aqidatan yang berarti simpulan, ikatan, sangkutan, pejanjian dan kokoh.
Secara teknis aqidah berarti iman, kepercayaan dan keyakinan.
Tumbuhnya keyakinan berada dalam hati sehingga yang dimaksud aqidah adalah kepercayaan yang menghujam atau simpul didalam hati
Ibnu Taimiyah : Suatu perkara yang harus dibenarkan dalam hati, dengannya jiwa menjadi tenang sehingga jiwa itu menjadi yakin serta mantap tidak dipengaruhi oleh keraguan.
Penjelasan dan Tendensi berupa power point selanjutnya bisa didownload pada link dibawah, semoga bermanfaat..
http://downloads.ziddu.com/download/25005917/AQIDAH-ISLAMIYAH.ppt.html
Secara teknis aqidah berarti iman, kepercayaan dan keyakinan.
Tumbuhnya keyakinan berada dalam hati sehingga yang dimaksud aqidah adalah kepercayaan yang menghujam atau simpul didalam hati
Ibnu Taimiyah : Suatu perkara yang harus dibenarkan dalam hati, dengannya jiwa menjadi tenang sehingga jiwa itu menjadi yakin serta mantap tidak dipengaruhi oleh keraguan.
Penjelasan dan Tendensi berupa power point selanjutnya bisa didownload pada link dibawah, semoga bermanfaat..
http://downloads.ziddu.com/download/25005917/AQIDAH-ISLAMIYAH.ppt.html
Minggu, 20 September 2015
Nama - nama bayi muslim laki-laki dan perempuan terlengkap
Kali ini saya akan menuliskan nama-nama bayi laki - laki dan perempuan islami beserta ma'nanya yang biasa di pakai oleh kebanyakan orang - orang islam baik diindonesia maupun di Negara lainya :
Abdul Alim = Hamba Allah Yang Mengetahui
Abdul Azim = Hamba Allah Yang Agung
Abdul Aziz = Hamba Allah Yang Mulia
Abdul Bari = Hamba Allah Yang Banyak Kebaikan
Abdul Basit = Hamba Allah Yang Melimpah Nikmat
Abdul Baqi = Hamba Allah Yang Kekal
Abdul Dayyan = Hamba Allah Yang Membalas
Abdul Jabbar = Hamba Allah Yang Tegas
Abdul Jalil = Hamba Allah Yang Mulia
Abdul Jawad = Hamba Allah Yang Pemurah
Abdul Fattah = Hamba Allah Yang Membuka
Abdul Ghafur = Hamba Allah Yang Membuka
Abdul Ghani = Hamba Allah Yang Pengampun
Abdul Hadi = Hamba Allah Yang Kaya
Abdul Hafiz = Hamba Allah Yang Memelihara
Abdul Haiy = Hamba Allah Yang Hidup
Abdul Hak = Hamba Allah Yang Sebenar
Abdul Hakam = Hamba Allah Yang Menghukum
Abdul Hakim = Hamba Allah Yang Bijaksana
Abdul Halim = Hamba Allah Yang Lemah Lembut
Abdul Hamid = Hamba Allah Yang Terpuji
Abdul Hanan = Hamba Allah Yang Penyayang
Abdul Ilah = Hamba Allah / hamba Tuhan
Abdul Karim = Hamba Allah Yang Pemurah
Abdul Khaliq = Hamba Allah Yang Mencipta
Abdullah = Hamba Allah
Nama -nama diatas hanya sebagianya saja, bisa dilihat selengkapnya pada link dibawah ini dan saudara bisa langsung mendownloadnya, semoga bermanfaat...
http://downloads.ziddu.com/download/25004603/Nama-bayi.rar.html
Abdul Alim = Hamba Allah Yang Mengetahui
Abdul Azim = Hamba Allah Yang Agung
Abdul Aziz = Hamba Allah Yang Mulia
Abdul Bari = Hamba Allah Yang Banyak Kebaikan
Abdul Basit = Hamba Allah Yang Melimpah Nikmat
Abdul Baqi = Hamba Allah Yang Kekal
Abdul Dayyan = Hamba Allah Yang Membalas
Abdul Jabbar = Hamba Allah Yang Tegas
Abdul Jalil = Hamba Allah Yang Mulia
Abdul Jawad = Hamba Allah Yang Pemurah
Abdul Fattah = Hamba Allah Yang Membuka
Abdul Ghafur = Hamba Allah Yang Membuka
Abdul Ghani = Hamba Allah Yang Pengampun
Abdul Hadi = Hamba Allah Yang Kaya
Abdul Hafiz = Hamba Allah Yang Memelihara
Abdul Haiy = Hamba Allah Yang Hidup
Abdul Hak = Hamba Allah Yang Sebenar
Abdul Hakam = Hamba Allah Yang Menghukum
Abdul Hakim = Hamba Allah Yang Bijaksana
Abdul Halim = Hamba Allah Yang Lemah Lembut
Abdul Hamid = Hamba Allah Yang Terpuji
Abdul Hanan = Hamba Allah Yang Penyayang
Abdul Ilah = Hamba Allah / hamba Tuhan
Abdul Karim = Hamba Allah Yang Pemurah
Abdul Khaliq = Hamba Allah Yang Mencipta
Abdullah = Hamba Allah
Nama -nama diatas hanya sebagianya saja, bisa dilihat selengkapnya pada link dibawah ini dan saudara bisa langsung mendownloadnya, semoga bermanfaat...
http://downloads.ziddu.com/download/25004603/Nama-bayi.rar.html
Sabtu, 19 September 2015
MAKALAH SISTEM FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM SECARA ONTOLOGI, EPISTIMOLOGI DAN AKSIOLOGI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG PERMASALAHAN
Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai oleh Barat Globalisasi Informasi yang membawa visi dan misi. Sekularisme: Suatu paham yang memisahkan dunia dan akhirat, memisahkan kehidupan dunia dan kehidupan agama. Pengamalan agama adalah masalah pribadi. Liberalisme: faham freedom of choice (kebebasan memilih) yang meliputi freedom of worship (kebebasan dalam hal peribadatan), ownership (kepemilikan), politics (politik), and ekspression (berekspresi). Liberalisme ini juga melanda kepada keluarga, sehingga sangat sulit anggota keluarga diatur, dibimbing, disuruh beribadah dan lain-lain demi atas nama liberalisme. Hedonisme: kebahagiaan adalah kesenangan. Kesenangan itu berkat gerakan yang lemah gemulai, sedangkan rasa sakit berkat gerakan kasar. Kesenangan sesaat yang dinikmati itulah yang dihargai. Suatu perbuatan disebut baik sejauh dapat menyebabkan kesenangan dan memberi kenikmatan.
Krisis etika dan moral sebagai akibat dari kurang efektifnya proses sosialisasi atau internalisasi sikap-sikap dan nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran atau akibat dipisahkannya urusan agama dan dunia. Terjadinya inefisiensi eksternal berupa tidak dipakainya keluaran pendidikan Islam pada pasar tenaga kerja. Kalaupun dipakai, pekerjaan itu berbeda dengan pendidikan yang diperoleh di bangku kuliah (missmatch). Nilai-nilai Islam yang diberikan dalam lembaga pendidikan tidak sesuai dengan realitas sosial yang ada. Pembelajar menjadi bingung ketika nilai dan norma yang diterima di lembaga pendidikan sangat jauh berbeda dengan prilaku masyarakat. Krisis keteladanan dari pemegang kendali dalam masyarakat, seperti orang tua, tokoh masyarakat, pemerintah, dan para guru.Kurang sepadannya sistem penghargaan (reward system) masyarakat terhadap orang-orang yang mengamalkan ajaran agamanya.
Dan selengkapnya bisa langsung anda donwload pada link dibawah ini, sekian terima kasih,
http://downloads.ziddu.com/download/25003467/FILSAFAT-PENDIDIKAN-ISLAM.rar.html
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG PERMASALAHAN
Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai oleh Barat Globalisasi Informasi yang membawa visi dan misi. Sekularisme: Suatu paham yang memisahkan dunia dan akhirat, memisahkan kehidupan dunia dan kehidupan agama. Pengamalan agama adalah masalah pribadi. Liberalisme: faham freedom of choice (kebebasan memilih) yang meliputi freedom of worship (kebebasan dalam hal peribadatan), ownership (kepemilikan), politics (politik), and ekspression (berekspresi). Liberalisme ini juga melanda kepada keluarga, sehingga sangat sulit anggota keluarga diatur, dibimbing, disuruh beribadah dan lain-lain demi atas nama liberalisme. Hedonisme: kebahagiaan adalah kesenangan. Kesenangan itu berkat gerakan yang lemah gemulai, sedangkan rasa sakit berkat gerakan kasar. Kesenangan sesaat yang dinikmati itulah yang dihargai. Suatu perbuatan disebut baik sejauh dapat menyebabkan kesenangan dan memberi kenikmatan.
Krisis etika dan moral sebagai akibat dari kurang efektifnya proses sosialisasi atau internalisasi sikap-sikap dan nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran atau akibat dipisahkannya urusan agama dan dunia. Terjadinya inefisiensi eksternal berupa tidak dipakainya keluaran pendidikan Islam pada pasar tenaga kerja. Kalaupun dipakai, pekerjaan itu berbeda dengan pendidikan yang diperoleh di bangku kuliah (missmatch). Nilai-nilai Islam yang diberikan dalam lembaga pendidikan tidak sesuai dengan realitas sosial yang ada. Pembelajar menjadi bingung ketika nilai dan norma yang diterima di lembaga pendidikan sangat jauh berbeda dengan prilaku masyarakat. Krisis keteladanan dari pemegang kendali dalam masyarakat, seperti orang tua, tokoh masyarakat, pemerintah, dan para guru.Kurang sepadannya sistem penghargaan (reward system) masyarakat terhadap orang-orang yang mengamalkan ajaran agamanya.
Dan selengkapnya bisa langsung anda donwload pada link dibawah ini, sekian terima kasih,
http://downloads.ziddu.com/download/25003467/FILSAFAT-PENDIDIKAN-ISLAM.rar.html
Jumat, 18 September 2015
Skripsi Pengaruh metode pengajaran terhadap proses belajar mengajar mata pelajaran PAI di MTs
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dengan ditandai perkembangan yang begitu pesat di bidang informasi dan tehnologi ini, sedikit banyak mempengaruhi tatanan kehidupan manusia untuk mengadakan perubahan yang menjurus pada seluruh aspek kehidupan manusia, lebih-lebih pada aspek pendidikan.
Selama ini telah banyak pemikir dan kebijakan yang diambil dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas Pendidikan Agama Islam. Dengan tujuan mampu memberikan nuansa baru bagi pengembangan system pendidikan, sekaligus hendak menyebarkan makna pengembangan kualitas manusia, sebagaimana tertuang dalam tujuan Pendidikan Nasional (UU.No 2/1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional) yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (Muhaimin, et.al, 200135).
Berangkat dari agama sebagai pegangan dan tuntunan hidup bagi setiap manusia, maka pendidikan agama merupakan salah satu sarana dalam rangka mengenal dan memperdalam ajaran agama. Karena pendidikan Islam merupakan pengembangan pikiran, penataan sosial, perilaku, hubungan peranan manusia dengan dunia ini, serta bagaimana manusia mampu memanfaatkan dunia. Sehingga mampu meraih tujuan hidup sekaligus mengupayakan perwujudannya (M. Ali Hasan, 2003:69).
Dalam hal ini pendidikan dapat berlangsung di mana saja, baik di sekolah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat. Melalui proses pendidikan seperti ini maka manusia akan tumbuh dan berkembang, baik jasmani maupun rohani. Sebagaimana Allah Swt. berfirman :
إِنَّ اللَّهَ قَدْ بَعَثَ لَكُمْ طَالُوتَ مَلِكًا [البقرة/247]
Artinya : “Sesungguhnya Allah telah memilihnya menjadi rajamu dan menganugerahinya ilmu yang luas dan tubuh yang kuat perkasa”. (QS. Al-Baqarah. 247) (Depag RI, 1990:60)
Dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah seringkali mengalami kegagalan, yang diakibatkan oleh faktor guru, siswa maupun terbatasnya alat-alat pengajaran seperti buku pegangan guru dan siswa termasuk penggunaan metode pengajaran yang merupakan jalan untuk mencapai tujuan. Seorang guru perlu memahami sedalam-dalamnya pengetahuan yang akan menjadi tanggung jawabnya dan pandai memilih atau menerapkan metode pengajaran yang relevan dengan kondisi siswa dan lingkungan.
Sebagaimana diketahui bahwa system pendidikan yang ada selama ini sudah memerlukan adanya perubahan diberbagai bentuk. Lebih-lebih pada penerapan metode dalam proses belajar mengajar, karena tidak cukup hanya menggunakan satu metode saja, metode yang dipakai tidak akan berhasil jika penerapannya satu persatu, tapi harus ada penggabungan dari beberapa metode.
Kalau kita perhatikan dalam proses perkembangan pendidikan agama di Indonesia bahwa salah satu hambatan yang menonjol dalam pelaksanaannya adalah masalah metode pengajaran. Metode sebagai cara atau jalan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sangatlah penting untuk diperhatikan, dikarenakan ia berhubungan langsung dengan segenap komponen-komponen dalam proses belajar mengajar.
Dalam proses belajar mengajar terlebih pelajaran Pendidikan Agama Islam, metode pengajaran merupakan faktor yang sangat dominan untuk menentukan berhasil tidaknya pengajaran yang akan dilakukan. Oleh sebab itu guru dituntut untuk pandai dalam menggunakan metode mengajar ini. Pandai dalam artian tepat, sesuai, dan kreatif. Sebab temuan awal di lapangan di mana penelitian ini dilakukan, metode mengajar sangat menentukan keberhasilan belajar siswa (Observasi, tanggal 29 Mei 2009). Walaupun memang tanpa metode mengajar yang baik sekalipun, proses belajar mengajar berjalan dengan lancar.
Oleh karena itu berpijak pada latar belakang masalah dan temuan awal di lapangan, maka dapat dirumuskan judul penelitian yaitu, “Pengaruh Metode Pengajaran Terhadap Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran PAI Siswa MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012.
Selengkapnya bisa didowload pada link dibawah ini :
http://downloads.ziddu.com/download/25000050/wafiatul.rar.html
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dengan ditandai perkembangan yang begitu pesat di bidang informasi dan tehnologi ini, sedikit banyak mempengaruhi tatanan kehidupan manusia untuk mengadakan perubahan yang menjurus pada seluruh aspek kehidupan manusia, lebih-lebih pada aspek pendidikan.
Selama ini telah banyak pemikir dan kebijakan yang diambil dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas Pendidikan Agama Islam. Dengan tujuan mampu memberikan nuansa baru bagi pengembangan system pendidikan, sekaligus hendak menyebarkan makna pengembangan kualitas manusia, sebagaimana tertuang dalam tujuan Pendidikan Nasional (UU.No 2/1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional) yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (Muhaimin, et.al, 200135).
Berangkat dari agama sebagai pegangan dan tuntunan hidup bagi setiap manusia, maka pendidikan agama merupakan salah satu sarana dalam rangka mengenal dan memperdalam ajaran agama. Karena pendidikan Islam merupakan pengembangan pikiran, penataan sosial, perilaku, hubungan peranan manusia dengan dunia ini, serta bagaimana manusia mampu memanfaatkan dunia. Sehingga mampu meraih tujuan hidup sekaligus mengupayakan perwujudannya (M. Ali Hasan, 2003:69).
Dalam hal ini pendidikan dapat berlangsung di mana saja, baik di sekolah, di rumah maupun di lingkungan masyarakat. Melalui proses pendidikan seperti ini maka manusia akan tumbuh dan berkembang, baik jasmani maupun rohani. Sebagaimana Allah Swt. berfirman :
إِنَّ اللَّهَ قَدْ بَعَثَ لَكُمْ طَالُوتَ مَلِكًا [البقرة/247]
Artinya : “Sesungguhnya Allah telah memilihnya menjadi rajamu dan menganugerahinya ilmu yang luas dan tubuh yang kuat perkasa”. (QS. Al-Baqarah. 247) (Depag RI, 1990:60)
Dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah seringkali mengalami kegagalan, yang diakibatkan oleh faktor guru, siswa maupun terbatasnya alat-alat pengajaran seperti buku pegangan guru dan siswa termasuk penggunaan metode pengajaran yang merupakan jalan untuk mencapai tujuan. Seorang guru perlu memahami sedalam-dalamnya pengetahuan yang akan menjadi tanggung jawabnya dan pandai memilih atau menerapkan metode pengajaran yang relevan dengan kondisi siswa dan lingkungan.
Sebagaimana diketahui bahwa system pendidikan yang ada selama ini sudah memerlukan adanya perubahan diberbagai bentuk. Lebih-lebih pada penerapan metode dalam proses belajar mengajar, karena tidak cukup hanya menggunakan satu metode saja, metode yang dipakai tidak akan berhasil jika penerapannya satu persatu, tapi harus ada penggabungan dari beberapa metode.
Kalau kita perhatikan dalam proses perkembangan pendidikan agama di Indonesia bahwa salah satu hambatan yang menonjol dalam pelaksanaannya adalah masalah metode pengajaran. Metode sebagai cara atau jalan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sangatlah penting untuk diperhatikan, dikarenakan ia berhubungan langsung dengan segenap komponen-komponen dalam proses belajar mengajar.
Dalam proses belajar mengajar terlebih pelajaran Pendidikan Agama Islam, metode pengajaran merupakan faktor yang sangat dominan untuk menentukan berhasil tidaknya pengajaran yang akan dilakukan. Oleh sebab itu guru dituntut untuk pandai dalam menggunakan metode mengajar ini. Pandai dalam artian tepat, sesuai, dan kreatif. Sebab temuan awal di lapangan di mana penelitian ini dilakukan, metode mengajar sangat menentukan keberhasilan belajar siswa (Observasi, tanggal 29 Mei 2009). Walaupun memang tanpa metode mengajar yang baik sekalipun, proses belajar mengajar berjalan dengan lancar.
Oleh karena itu berpijak pada latar belakang masalah dan temuan awal di lapangan, maka dapat dirumuskan judul penelitian yaitu, “Pengaruh Metode Pengajaran Terhadap Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran PAI Siswa MTs Diponegoro Tegalsari Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012.
Selengkapnya bisa didowload pada link dibawah ini :
http://downloads.ziddu.com/download/25000050/wafiatul.rar.html
Kamis, 17 September 2015
Contoh Undangan Terbaru Terlengkap
Contoh - Contoh undangan
Undangan
Kepada Yth,
Bapak/Ibu/Sdr/i :
.................
Mohon maaf apabila ada kesalahan
dalam Penulisan nama dan gelar
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya yang
telah diberikan kepada kita semua, dan semoga kita selalu dalam keadaan
sehat walafiat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
Dengan memohon rahmat dan Ridho Allah SWT,
kami sekeluarga bermaksud mengundang Bapak/Saudara dalam rangka
mengenang 3 hari wafatnya Ibunda kami tercinta :
SITI ROHANA Binti
AHMAD YUSUF RADEN DALOM
Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :
Hari : Selasa malam Rabu
Tanggal : 18 Juni 2013
Pukul : 19.30 WIB (Ba’da Isya)
Tempat : Kediaman Bpk. M. KARYADI FITRI
Jln. AMD no.09 kampung Tanjung Jati
Kel. NOG kec. TBB Bandar Lampung
Acara : Do’a Yaasiin dan Tahlil
Demikian undangan ini kami sampaikan atas perhatian, keringanan dan keikhlasan langkah Bapak/Saudara untuk memenuhi undangan ini, kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Hormat kami,
Bpk. KARYADI FITRI
Sekeluarga
Diatas merupakan salah satu contoh undangan yang biasa di butuhkan dalam lingkungan masyarakat, dan selengkapnya bisa didownload pada link dibawah ini.semoga bermanfaat...
http://downloads.ziddu.com/download/24999285/undangan.rar.html
Undangan
Kepada Yth,
Bapak/Ibu/Sdr/i :
.................
Mohon maaf apabila ada kesalahan
dalam Penulisan nama dan gelar
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya yang
telah diberikan kepada kita semua, dan semoga kita selalu dalam keadaan
sehat walafiat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
Dengan memohon rahmat dan Ridho Allah SWT,
kami sekeluarga bermaksud mengundang Bapak/Saudara dalam rangka
mengenang 3 hari wafatnya Ibunda kami tercinta :
SITI ROHANA Binti
AHMAD YUSUF RADEN DALOM
Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :
Hari : Selasa malam Rabu
Tanggal : 18 Juni 2013
Pukul : 19.30 WIB (Ba’da Isya)
Tempat : Kediaman Bpk. M. KARYADI FITRI
Jln. AMD no.09 kampung Tanjung Jati
Kel. NOG kec. TBB Bandar Lampung
Acara : Do’a Yaasiin dan Tahlil
Demikian undangan ini kami sampaikan atas perhatian, keringanan dan keikhlasan langkah Bapak/Saudara untuk memenuhi undangan ini, kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Hormat kami,
Bpk. KARYADI FITRI
Sekeluarga
Diatas merupakan salah satu contoh undangan yang biasa di butuhkan dalam lingkungan masyarakat, dan selengkapnya bisa didownload pada link dibawah ini.semoga bermanfaat...
http://downloads.ziddu.com/download/24999285/undangan.rar.html
Rabu, 16 September 2015
Penilaian Kompetensi Peserta Didik
Kali ini saya membuat powerpoint yang berjudulkan Penilaian Kompetensi peserta didik yang mana bertujuan supaya buat perbandingan bagi para pembaca dan untuk pembelajaran bagi guru profesional dalam bidangnya dan bisa langsung didownload pada link dibawah ini :
http://downloads.ziddu.com/download/24996311/presentase-Penilaian-Kompetensi-peserta-didik.ppt.html
http://downloads.ziddu.com/download/24996311/presentase-Penilaian-Kompetensi-peserta-didik.ppt.html
Selasa, 15 September 2015
profesi keguruan paket 9,10 dan 11
akhirnya sudah selesai penulisan materi Profesi Keguruan, paket materi keguruan ini kelanjutannya yang kemaren yang saya tulis diblog saya yaitu santringajigmail.blogspot.com bisa langsung dibaca dan didownload diblog tersebut, link di bawah ini merupakan kelanjutan materi profesi keguruan sebelumnya, bisa langsung di download pada link dibawah ini, sekian dan terima kasih semoga bermanfaat....
http://downloads.ziddu.com/download/24995384/Paket-9.pdf.html
http://downloads.ziddu.com/download/24995385/Paket-10.pdf.html
http://downloads.ziddu.com/download/24995386/Paket-11.pdf.html
http://downloads.ziddu.com/download/24995384/Paket-9.pdf.html
http://downloads.ziddu.com/download/24995385/Paket-10.pdf.html
http://downloads.ziddu.com/download/24995386/Paket-11.pdf.html
Senin, 14 September 2015
profesi keguruan paket ke 7 dan 8
profesi keguruan paket ke 7 dan 8 bisa langsung di download pada link dibawah ini :
http://downloads.ziddu.com/download/24993492/Paket-7.pdf.html
http://downloads.ziddu.com/download/24993499/Paket-8.pdf.html
http://downloads.ziddu.com/download/24993492/Paket-7.pdf.html
http://downloads.ziddu.com/download/24993499/Paket-8.pdf.html
Minggu, 13 September 2015
profesi keguruan 6
profesi keguruan paket 6 sudah jadi bisa langsung download pada link di bawah ini :
http://downloads.ziddu.com/download/24992838/Paket-6.pdf.html
http://downloads.ziddu.com/download/24992838/Paket-6.pdf.html
profesi keguruan 4dan 5
Bagi teman-teman yang sudah membaca profesi keguruan paket 1 - 3 bisa dilanjutkan paket ke 4 dan 5 bisa langsung download pada link yang sudah ada, dan paket yang seterusnya masih dalam penulisan, bisa di tunggu jadinya, terimakasih...
http://downloads.ziddu.com/download/24992111/Paket-5.pdf.html
http://downloads.ziddu.com/download/24992137/Paket-4.pdf.html
Sabtu, 12 September 2015
Profesi keguruan 3
profesi keguruan paket yang ke-3 bisa didownload pada link dibawah ini :
http://downloads.ziddu.com/download/24996947/Paket-3.pdf.html
http://downloads.ziddu.com/download/24996947/Paket-3.pdf.html
Profesi keguruan 2
profesi keguruan paket yang ke-2 bisa di download pada link dibawah ini :
http://downloads.ziddu.com/download/24996946/Paket-2.pdf.html
http://downloads.ziddu.com/download/24996946/Paket-2.pdf.html
Profesi keguruan 1
Pendahuluan padamateri profesikeguruan disini akan saya bagi menjadi beberapa paket, paket yang pertama bisa didownload pada link dibawah ini, dan yang selanjutnya bisa dibuka pada blog kami:
http://downloads.ziddu.com/download/24996945/Paket-1.pdf.html
http://downloads.ziddu.com/download/24996945/Paket-1.pdf.html
surat izin sosialisasi

KWARCAB BANYUWANGI KWARRAN SEMPU 10.19
PERUM PERHUTANI BKPH KALISETAIL
KPH BANYUWANGI BARAT
Sekretariat : Jln.
Sumberwadung No. 381 Tugung Desa/Kec. Sempu Kabupaten Banyuwangi
Nomor :
SWB.BB/13.10/035/V/2014
Lampiran :
1 Lembar
Hal :
Permohonan Izin Sosialisasi
Kepada:
Yth.Ka.
MABIGUS SMA N 2 GENTENG
Di-
Tempat
AssalamualaikumWr.Wb.
Salam
Pramuka…!!!
Bersama ini kami dari Dewan Saka Wanabakti Banyuwangi
Barat bermaksut mensosialisasikan Satuan Karya Wanabakti.
Dengan demikian mohon kiranya
Bapak Kepala Sekolah untuk memberikan izin sosialisasi di SMA N 2 Genteng yang
Bapak pimpin, pada :
Hari/Tanggal :
Jum’at,23 Mei 2014
Waktu :
14.00 s/d selesai
Acara :
Sosialisasi Satuan Karya Wanabakti
Tempat
: SMA N 2 GENTENG
Demikian surat permohonan ini kami buat , atas kerja sama dan
izinnya kami
sampaikan
terimakasih.
WassalamualaikumWr.Wb.
Salam
Pramuka…!!!
Sempu, 20 Mei 2014
Mengetahui,
|
|
|
Pamong Saka Wanabakti Banyuwangi Barat
|
Ketua SakaWanabakti
Banyuwangi Barat
|
Makalah HASIL OBSERVASI ANAK BERKELAINAN
Makalah
HASIL
OBSERVASI ANAK BERKELAINAN
DI
SLB ABCD PGRI 2 JAJAG
Oleh :
STAI IBRAHIMY GENTENG BANYUWANGI
2014
P
R O F I L
SEKOLAH LUAR BIASA
SLB
ABCD PGRI JAJAG KECAMATAN GAMBIRAN
KABUPATEN
BANYUWANGI
TAHUN
2013/ 2014
I.
PENDAHULUAN
Sejarah berdirinya SLB ABCD PGRI 2 Jajag, Kecamatan
Gambiran Kabupaten Banyuwangi dilatarbelakangi adanya kebutuhan akan pendidikan
dan layanan sosial bagi anak-anak bangsa yang kurang beruntung/ cacat disekitar
wilayah Banyuwangi bagian selatan, disamping panggilan hati dari perintis
berdirinya SLB ABCD PGRI 2 Jajag ( yaitu : Bapak Sunari, Ibu Sumarmi, dan Bapak
Sugiarto) yang waktu itu berjuang tanpa pamrih dengan satu tekat yaitu “Mendirikan Sekolah Luar Biasa” di wilayah
kecamatan.
Dengan melalui banyak tantangan dan proses yang
cukup panjang, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1990 berdirilah Sekolah Luar Biasa
dengan nama SLB ABCD PGRI 2 Jajag yang terletak numpang di Balai Dusun
Jatisari, desa Jajag kecamatan Gambiran. Dengan siswa mula-mula 6 anak dan 3
guru yang semuanya sukarelawan murni.
Setelah berjalan + 5 tahun, tepatnya pada
tanggal 18 Juli 1995 dengan jumlah siswa 25 jenjang TKLB dan SDLB serta 4 orang
guru, SLB ABCD PGRI 2 Jajag resmi terdaftar pada Dinas P dan K Provinsi Jawa
Timur, Nomor : 19993/I04/F/1995. Karena perkembangan sekolah yang semakin pesat
pada 1 Juli 2006, SLB yang tadinya numpang di Balai Dusun Jatisari dengan
berbagai pertimbangan, al : jumlah siswa semakin banyak sementara daya tampung
tidak cukup, lokasi sekolah yang mepet dengan jalan raya sangat berbahaya bagi
anak-anak, jenjang pendidikan yang bertambah dari TKLB, SDLB menjadi
TKLB-SDLB-SMPLB, dan suasana belajar yang harus bergantian dengan kegiatan
dusun,maka melalui musyawarah pihak SLB-Orangtua-PGRI Kec. Gambiran, akhirnya
SLB ABCD PGRI 2 Jajag pindah ke desa Yosomulyo (menempati lokasi tanah PGRI dan
gedung bekas SMP 12 PGRI Banyuwangi, Kec. Gambiran sampai sekarang) Selanjutnya secara terus menerus SLB ABCD
PGRI 2 Jajag terlegalisasi sebagai berikut :
1. Tanggal
10 Desember 1998 perpanjangan Ijin Operasional ke Dinas P dan K Provinsi Jawa
Timur, Nomor : 122622/I04/KP/1998,
2. Tanggal
1 Maret 2002 Terdaftar pada Dinas P dan K Kabupaten Banyuwangi, Nomor :
421.1/987/439.102/2002.
3. Tanggal
25 Agustus 2004 perpanjangan Ijin Operasional dan NIS dari Dinas P dan K
Provinsi Jawa Timur, Nomor : 421.8/626108.10/2004
4. Tanggal
12 September 2006, SLB ABCD PGRI 2 Jajag jenjang SDLB terakreditasi B, oleh
Badan Akreditasi Sekolah/ BAS Provinsi Jawa Timur Nomor :
036/5/BASDA-P/TU/II/2007
5. Tanggal
10 September 2007 perpanjangan Ijin Operasional dan NIS dari Dinas P dan K
Provinsi Jawa Timur, Nomor : 412.8/752/108.10/ 2007
6. Tanggal
28 Nopember 2008, SLB ABCD PGRI 2 Jajag jenjang SMPLB terakreditasi B, oleh
BAN-SM Provinsi Jawa Timur Sertifikat Nomor : lb.000313
Demikian seterusnya dimana sebagai sekolah swasta,
wajib hukumnya untuk terus memperbaharui surat ijin operasional dan berkerja
keras berinovasi sesuai perkembangan jaman.
II.
LATAR
BELAKANG
Anak
berkebutuhan khusus merupakan bagian dari anak pada umumnya. Mereka memiliki
hak yang sama seperti anak normal dalam memperoleh kesempatan pendidikan dan
pengajaran. Hal ini seperti termaktup dalam :
1.
UUD
1945, pasal 31 ayat (1) menyatakan, “Tiap-tiap warga negara berhak
mendapatkan pengajaran”.
2.
UU
RI nomor 2 tahun 1989, tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 8 ayat (1)
menyatakan bahwa, “warga negara yang memiliki kelainan fisik dan atau mental berhak
mendapatkan pendidikan”.
3.
Peraturan
Pemerintah nomor 72 tahun1991, tentang Pelaksanaan Pendidikan Luar Biasa.
4.
Keputusan
Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Sosial, dan
Menteri Dalam Negeri nomor 0318/P/1984, 64 tahun 1984, 43 HUK/Kep/VII/1984 dan
45 tahun 1984 tentang bantuan terhadap anak kurang mampu, anak
cacat/berkelainan, bertempat tinggal di daerah terpencil dalam rangka
pelaksanaan wajib belajar.
5.
Undang
Undang SISDIKNAS tahun 2003 Bab VI pasal 17 ayat 2 ; Pendidikan Dasar berbentuk
Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat
(SDLB) atau Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau bentuk
lain yang sederajat (SMPLB).
6.
Upaya
Pemerintah Propinsi dalam menuntaskan wajib belajar 9 Tahun, bahkan 12 tahun.
Realita menunjukkan bahwa masih banyak
anak berkebutuhan khusus yang belum mendapatkan pelayanan yang sesuai,
diantaranya adalah kesempatan untuk memperoleh pendidikan/ anak droup out,
selain karena sosial ekonomi orangtua rata-rata tidak mampu sebagian besar SLB
diwilayah kabupaten Banyuwangi adalah swasta yang kondisinya juga kurang
memadai sehingga anggaran yang diperlukan untuk mencukupi kebutuhan sekolah
sebagian masih melibatkan keikutsertaan orangtua dan masyarakat yang
kemampuannya juga terbatas. Dengan kata lain program Wajib Belajar 9 tahun dan
12 tahun masih belum tuntas karena belum menyentuh hak dasar pada anak-anak
berkebutuhan khusus secara optimal.
Untuk menunjang kegiatan pelayanan
pendidikan tersebut, maka pihak sekolah bersama Komite Sekolah mencanangkan
program jangka pendek yaitu segera melakukan pengadaan/ pembenahan-pembenahan
sarana prasarana, agar kegiatan dapat terprogram dan terencana dengan baik,
disamping sarana yang telah ada dapat dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan
pembelajaran yang murah, nyaman, aman, dan kondusif sehingga tercipta
peningkatan mutu pendidikan yang sangat diharapkan oleh lembaga maupun
masyarakat.
III.
VISI,
MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
A. Visi Sekolah
“ Unggul dalam berprestasi, disiplin
dan mandiri dalam berkarya berlandaskan nilai Iman dan Taqwa kepada Tuhan YME”.
B. Visi Sekolah
1.
Mendidik
siswa menjadi pribadi-pribadi yang bertaqwa kepada Allah SWT, kreatif,
terampil, dan berwawasan luas dengan tidak meninggalkan Akhlakul Karimah.
2.
Membiasakan
berprilaku tertib, disiplin, tepat waktu, dan memberdayakan segala potensi
siswa, guru, pimpinan serta orangtua.
3.
Membimbing
siswa memperoleh prestasi dipelbagai bidang melalui pembinaan, peningkatan mutu
secara terprogram.
4.
Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah,
nyaman, aman dan bersahabat.
5.
Mewujudkan hubungan yang harmonis antara guru/ pengasuh,
karyawan, murid, orangtua, dan masyarakat sekitar sekolah.
6.
Meningkatkan
pelayanan terhadap setiap masalah yang telah diprogramkan.
C. Tujuan Sekolah :
1.
Tujuan
Edukasi
§ Mendorong dan memberikan
kebebasan siswa untuk beribadah, mendidik dan mengarahkannya menjadi manusia
yang beriman, bertaqwa, cerdas dan trampil sehingga dapat hidup mandiri dalam
kehidupan dimasyarakat.
§ Menjalin kerjasama dengan
masyarakat, instansi terkait dan dunia usaha dalam memajukan pendidikan luar
biasa,
§ Menyiapkan siswa untuk
melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi.
2.
Tujuan
Vocasional
§ Terbentuknya lulusan yang
mampu hidup di masyarakat dengan membekali tamatan Sekolah Luar Biasa utamanya
pada jenjang SMPLB dengan kegiatan kreatif dan inovatif berupa Kecakapan
Hidup (Life Skill), agar mereka memiliki kemampuan untuk memasuki dunia
kerja baik formal maupun informal dalam bentuk mengembangkan usaha wiraswasta
yang mandiri sesuai dengan jenjang dan jenis usaha yang dibutuhkan lingkungan
yaitu melalui keterampilan : menganyam, meronce, menjahit dan bordir, membatik,
potong rambut, salon, sablon, memasak (tata boga), pertukangan ringan, dan
pertanian serta pertokoan.
3.
Tujuan
Sosial
§ Menampung Anak Luar Biasa/
Penyandang Cacat, Anak Terlantar, Yatim, dan Yatim-Piatu dengan menyediakan
layanan sosial panti dan non panti.
§ Mendorong kemampuan sosialnya
agar dapat berkembang lebih optimal di masyarakat dengan ikut berpatisipasi
dalam kegiatan dilingkungan sekitar panti.
D. Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Tantangan
·
Kekuatan
:
1.
Letak sekolah strategis dan mudah dijangkau dengan
transportasi.
2.
Tersedia
transportasi umum
3.
Ada
dukungan dari komite sekolah
4.
Ada
dukungan dari yayasan
5.
Masyarakat sekitar sekolah sangat mendukung eksistensi
sekolah.
·
Kelemahan
:
1.
Dukungan
dari wali murid kurang optimal
2.
Beberapa
ruang dan atapnya rusak
3.
Belum adanya tenaga administrasi, Pustakawan dan pesuruh
tetap
4.
Dana
operasional masih sangat terbatas
5.
Belum
tersedia tenaga ahli
6.
Tenaga
pendidik (guru) masih kurang
7.
Sarana
prasarana dan media pembelajaran sangat terbatas
·
Peluang
:
1.
Terjadinya kerja sama dibidang vokasional dengan home
industri di SMALB ADELWIS, batik Virdes dan dengan sanggar rias Nurita, dll
2.
Dukungan
dari instansi terkait mulai nampak
3.
Dukungan
dari Pemda Banyuwangi
·
Tantangan
:
1.
Adanya
tuntutan wajib belajar 9 tahun, bahkan Wajar 12 tahun
2.
Sebagian
besar siswa berasal dari keluarga yang ekonomi lemah dan jarak sekolah dengan
tempat tinggal jauh.
3.
Kesadaran masyarakat yang masih kurang dengan keberadaan
PLB,
4.
Sekolah
belum memiliki donatur tetap,
5.
Mutu
lulusan sebagian besar belum dapat mandiri,
6.
Menyelenggarakan
pendidikan yang setara dengan sekolah umum bagi siswa yang memiliki kemampuan
akademik yang memadai terutama untuk anak Tuna Netra, Tuna Rungu dan Tuna
Daksa.
7.
Menyelenggarakan
pendidikan keterampilan/ vokasional secara terarah, terpadu dan
berkesinambungan untuk bekal hidup di masyarakat.
8.
Mengupayakan
perluasan dan pemerataan kesempatan belajar bagi anak berkebutuhan khusus.
9.
Memberi
bekal kepada anak dengan keterampilan menurut bakat dan jenis kelainannya
sehingga dapat bersosialisasi dengan lingkungan.
E. Sasaran Kegiatan, Strategi Pelaksanaan Kegiatan dan Indikator Keberhasilan :
SASARAN KEGIATAN SEKOLAH :
§ Siswa SLB ABCD PGRI 2 Jajag
§ Anak berkebutuhan khusus
diwilayah kecamatan Gambiran dan sekitarnya.
§ Sekolah sekitar wilayah
kecamatan Gambiran
§ Masyarakat sekitar, orang tua,
tokoh masyarakat dan instansi terkait.
§ Anak Luar Biasa yang
terlantar/ Yatim/ Yatim-Piatu dengan menyediakan layanan panti.
STRATEGI PELAKSANAAN KEGIATAN :
·
Mengupayakan
sarana dan prasarana yang memadai
·
Bekerja sama dengan lembaga lain untuk pelatihan kerja
bagi siswa SLB yang sudah lulus/tamat.
·
Mensosialisasikan
PLB disekolah dan masyarakat Kecamatan Gambiran, tokoh masyarakat, dan orang
tua.
INDIKATOR
KEBERHASILAN :
·
Animo
pendaftar meningkat
·
Prestasi
siswa meningkat
·
Produk
hasil karya dapat dipamerkan, bahkan sebagian dipasarkan
F. Kegiatan Keterampilan dan Pelatihan :
·
Keterampilan
menganyam
·
Keterampilan
meronce
·
Keterampilan
menjahit
·
Keterampilan
membatik
·
Keterampilan
potong rambut
·
Keterampilan
salon
·
Keterampilan
cetak sablon
·
Tata
boga / keterampilan memasak
·
Keterampilan
pertukangan ringan
·
Komputerisasi
dan Internet
·
Keterampilan
pertanian / perkebunan, dan
·
Pertokoan/
pracangan
G. Produk Unggulan Hasil Keterampilan
·
Kap
lampu
·
Tempat
tisu flanel
·
Tempat
tisu daur ulang
H. Sumber Daya Manusia :
Staf
Pengajar SLB ABCD PGRI Jajag, Kecamatan Gambiran Banyuwangi, terdiri para Guru
Senior yang memiliki dedikasi tinggi dan pengalaman serta kemampuan manajerial,
dengan latar pendidikan:
1.
Pasca
Sarjana Pendidikan Umum
2.
Sarjana
Pendidikan Luar Biasa.
3.
Sarjana
Muda Pendidikan Luar Biasa.
4.
Sarjana
Pendidikan Lainnya.
5.
Tenaga
Ahli dalam bidang Vocational.
IV.
PROFIL
SEKOLAH
1.
IDENTITAS SEKOLAH :
a.
Nama
Sekolah : SLB PGRI Jajag,
Kec. Gambiran
Status : Swasta
Jenjang Pendidikan : TKLB, SDLB, SMPLB
Jenis Kelainan : A, B, C, C1, D, Autis/ Campuran
b.
No.
Statistik Sekolah :
892052507002
·
A. NIS / NPSN TKLB :
281630 / 20525657
·
B. NIS / NPSN SDLB :
281640 / 20526020
·
C. NIS / NPSN SMPLB :
281650 / 20525691
c.
Tahun
berdiri : 01 Maret
1990
d.
Akreditasi
:
(B)
·
Sk. Nomor :
036/5/Basda-P/TU/II/2007 tgl.12-09-06
·
Oleh :
Badan Akreditasi Sekolah Prov. Jatim
e.
Lokasi
Sekolah :
Jarak ke
kecamatan : + 4 km
Jarak ke pusat
otoda : + 45 km
Terletak di
daerah : pedesaan
Terletak pd
lintasan : jalan poros provinsi
f.
Keg. Pembelajaran :
pagi hari
g.
Bangunan sekolah :
milik sendiri
h.
Status tanah :
hak milik (sertifikat no. 12.37.07.08.1.
00445) Luas tanah : 1810
m2
i.
Nama
KS Koordinatif : SUGIARTO, S.Pd,
M.Pd
j.
Alamat
Sekolah :
·
Propinsi : Jawa Timur
·
Kabupaten : Banyuwangi
·
Kecamatan : Gambiran
·
D
e s a : Yosomulyo
·
Jalan : Raya Jajag Km.4
·
Kode
Pos : 68486
k.
Nomor
Rekening : 0552045513
·
Nama
Bank : Bank Jatim
·
Kantor : Banyuwangi
l.
Pemegang
Rekening :
·
Kepala
Sekolah : SUGIARTO, M.Pd
·
Bendahara
Sekolah : NIMA NURITA, S.Ag, S.Pd
m.
Nama
Yayasan : Perkumpulan
Pembina Lembaga Pendi- dikan Dasar dan Menengah Persatuan Guru Republik
Indonesia (PPLP DASMEN-PGRI) Kabupaten Banyuwangi
n.
Alamat Yayasan :
Jln. A. Yani No. 82, Telp. 0333-423066
o.
Jumlah siswa per januari 2011 :
·
TKLB : 14 SISWA, (18 = 90 % siswa aktif)
·
SDLB : 73 SISWA, (63 = 97 % siswa aktif)
·
SMPLB : 28 SISWA, (20 = 91 % siswa aktif)
+
J u
m l a h :
115 siswa aktif (101 siswa) = 94.4 %
p.
Keadaan Pegawai/ Guru :
·
Jumlah guru dan ks
·
Guru negeri : 4
orang
·
Guru bantu : - orang
·
Gtt/ honorer : 8
orang
·
Tu dan pesuruh : 1
orang
2.
IDENTITAS KEPALA SEKOLAH :
2.1. Nama Lengkap KS : SUGIARTO, S.Pd, M.Pd
Pendidikan :
·
SD tamat
tahun 1982
·
SLTP/Sederajat tamat tahun 1985
·
SLTA/Sederajat
tamat tahun 1988
·
SGPLB/Sarmud tamat tahun 1990
·
S-1 tamat
tahun 1998
·
S-2 tamat
tahun 2003
2.2. Jurusan Pendi. Terakhir : TEP (Teknologi Pembelajaran)
2.3. Masa kerja KS pada sekolah tempat
bertugas saat ini :
·
04
tahun, dari tahun (2008 sd. 2012)
2.4. Pelatihan yang pernah diikuti :
3.
EADAAN SISWA :
3.1.
Jumlah
Siswa
3.1.1.Data Siswa 3 tahun terakhir
a)
jenjang
TKLB :
Kelas |
Jumlah Siswa
|
Jumlah Ruang Kls
|
Jumlah Rombel
|
||||||
10-11
|
11-12
|
12-13
|
10-11
|
11-12
|
12-13
|
10-11
|
11-12
|
12-13
|
|
A
|
6
|
11
|
3
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
B
|
14
|
7
|
11
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2
|
JML
|
20
|
18
|
14
|
1
|
1
|
1
|
2
|
3
|
3
|
b)
jenjang
SDLB :
Kelas |
Jumlah Siswa
|
Jumlah Ruang Kls
|
Jumlah Rombel
|
||||||
10-11
|
11-12
|
12-13
|
10-11
|
11-12
|
12-13
|
10-11
|
11-12
|
12-13
|
|
I
|
10
|
14
|
10
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
II
|
8
|
12
|
15
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
III
|
8
|
9
|
13
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
IV
|
11
|
10
|
14
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
V
|
12
|
13
|
13
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
3
|
VI
|
7
|
7
|
8
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
2
|
JML
|
56
|
65
|
73
|
3
|
3
|
3
|
11
|
12
|
13
|
c)
jenjang
SMPLB :
Kelas |
Jumlah Siswa
|
Jumlah Ruang Kls
|
Jumlah Rombel
|
||||||
10-11
|
11-12
|
12-13
|
10-11
|
11-12
|
12-13
|
10-11
|
11-12
|
12-13
|
|
VII
|
7
|
6
|
10
|
-
|
-
|
-
|
2
|
2
|
2
|
VIII
|
10
|
7
|
9
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2
|
2
|
IX
|
3
|
9
|
9
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
2
|
JML
|
20
|
22
|
28
|
1
|
1
|
1
|
4
|
5
|
6
|
3.2.
Angka
Putus Sekolah
TAHUN
PELAJARAN
|
KELAS
1
|
KELAS
2
|
KELAS
3
|
JUMLAH
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
2013/2014
|
-
|
1
|
1
|
2
|
Alasan Putus
Sekolah : Ikut orangtua ke luar Jawa dan menikah
4.
RASIO PENERIMAAN SISWA :
TAHUN
PELAJARAN
|
JUMLAH
SISWA
|
|
PENDAFTAR
|
DITERIMA
|
|
1
|
2
|
3
|
2011 / 2012
|
29
|
27
|
2012 / 2013
|
30
|
28
|
2013 / 2014
|
35
|
27
|
Alasan tidak
diterima : Daya Tampung/ Kelas sangat terbatas
5.
KEADAAN GURU :
No
|
Status Guru
|
Tingkat Pendidikan
|
||||||
SLTP
|
SLTA
|
D-1
|
D-2
|
D-3
|
S-1
|
S-2
|
||
1
|
Guru Tetap
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
1
|
2
|
Guru Tidak Tetap/ GTT
|
-
|
3
|
-
|
-
|
-
|
4
|
-
|
3
|
Guru Tetap Yayasan/ GTY
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7
|
-
|
Jumlah
|
0
|
3
|
0
|
0
|
0
|
14
|
1
|
6.
KONDISI KELAS DAN RUANG LAINNYA :
No
|
Kelas
|
Jumlah Ruang/
Kondisi
|
Ruang Lain
|
Jumlah Ruang/
Kondisi
|
||||
Baik
|
Cukup
|
Rusak
|
Baik
|
Cukup
|
Rusak
|
|||
I
|
TKLB
|
--
|
--
|
--
|
Ruang Kopsis
|
-
|
√
|
-
|
|
A
|
√
|
-
|
-
|
Ruang Pramuka
|
-
|
-
|
-
|
|
B
|
-
|
-
|
-
|
Ruang Pertemuan
|
-
|
-
|
-
|
II
|
SDLB
|
--
|
--
|
--
|
Laboratorium
|
-
|
-
|
-
|
|
1
|
√
|
-
|
-
|
Ruang Keterampilan
|
-
|
√
|
-
|
|
2
|
-
|
-
|
-
|
Ruang Perpustakaan
|
-
|
-
|
-
|
|
3
|
√
|
-
|
-
|
Ruang Khusus/ OM
|
-
|
-
|
-
|
|
4
|
-
|
-
|
-
|
Ruang Braille
|
-
|
-
|
-
|
|
5
|
√
|
-
|
-
|
R. Khusus/ BKBPI
|
-
|
-
|
-
|
|
6
|
-
|
-
|
-
|
R. Hydro Therapy
|
-
|
-
|
-
|
III
|
SMPLB
|
--
|
--
|
--
|
R. Bina Pribadi & Sos
|
-
|
-
|
-
|
|
1
|
√
|
-
|
-
|
R. Masage
|
-
|
-
|
-
|
|
2
|
-
|
-
|
-
|
R. Musik
|
-
|
-
|
-
|
|
3
|
-
|
-
|
-
|
Asrama / panti SLB
|
-
|
√
|
-
|
Jumlah
|
5
|
0
|
0
|
|
0
|
3
|
0
|
7.
DATA SARANA PENDIDIKAN :
No.
|
Jenis
Sarana
|
Jumlah
|
Kondisi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
A
|
Gedung/
Bangunan :
|
|
|
|
1. Kantor Sekolah
|
1
|
Baik
|
|
2.
Ruang
Kelas
|
4
|
Sedang
|
|
3.
Ruang
Perpustakaan
|
-
|
-
|
|
4.
Ruang
UKS
|
1
|
Sedang
|
|
5.
Ruang
Keterampilan
|
1
|
Rusak
|
|
6.
Laboratorium
|
-
|
-
|
|
7.
Ruang
Kepala Sekolah
|
1
|
Baik
|
|
8.
Ruang
Guru
|
1
|
Baik
|
|
9.
Rumah
Dinas Penjaga
|
-
|
-
|
|
|
|
|
B
|
Mebelair :
|
|
|
|
1. Meja Kursi Murid
|
68
|
Rusak
6
|
|
2. Meja Kursi Guru
|
14
|
Baik
|
|
3. Almari
|
8
|
Sedang
|
|
4.
Rak
Perpustakaan
|
-
|
-
|
|
|
|
|
C
|
Buku Pelajaran
/ Paket :
|
|
|
|
1. Buku Paket
|
275
|
Baik
|
|
2. Buku Bacaan
|
225
|
Baik
|
|
|
|
|
D
|
Barang
Inventaris :
|
|
|
|
1. Mesin Ketik
|
2
|
Rusak
1
|
|
2. Komputer
|
5
|
Baik
|
|
3. Printer
|
6
|
Rusak
5
|
|
4 . OHP
|
1
|
Sedang
|
|
5.
Mesin
Ketik Braille
|
1
|
Sedang
|
|
6.
Laptop
|
1
|
Sedang
|
LEMBAR
IDENTIFIKASI
IDENTIFIKASI
ANAK LUAR BIASA/ PK/ PLK :
1)
Nama
Anak : Aji Prasetyo
2)
Jenis
Kelamin : Laki-Laki
3)
TTL
/ Umur : Bwi, 22-02-2001
4)
Anak
ke- :
2
(dua )
5)
Status
anak dlm keluarga : Kandung
6)
Kelas : 5 (tiga)
7)
Jenjang Pendidikan : SDLB
8)
Nama
Sekolah : SLB
ABCD PGRI 2 JAJAG
9)
Alamat
Sekolah : Jl.
Raya jajag Km. 4 Yosomulyo
10)
Jenis
kelainan :
Tunarungu
11)
Ciri-ciri
anak : Aktif, tidak bisa mendengar dan
bicara.
12)
Riwayat
hidup anak :
·
Prenatal
: Normal
·
Natal
: Normal
·
Post
natal : Demam
tinggi pada usia 2 bulan dan
mengalami
kejang-kejang
13)
Nama
orang tua :
·
Ayah
: Sunyono
·
Ibu
: Suswati
14)
Alamat
rumah : Terong Rt 02/Rw 02 Campusari
Banyuwangi
DIAGNOSA DAN
UPAYA TINDAK LANJUT
A. Diagnosa
Diagnosa yang saya lakukan
dengan sumber- sumber yang saya
peroleh seperti bertanya pada guru dan tim ahli di sekolah tersebut,
Adit adalah anak laki-laki yang mengalami gangguan
atau kelainan
pada fase postnatal yaitu terganggunya fungsi
pendengaran disebabkan karna mengalami panas tinggi
ketika dia umur 1 tahun hingga mengalami step kemudian Adit berobat pada dokter dan akhirnya sembuh. Orang tua tidak menganggap panas
tersebut sesuatu hal yang bisa menggagu kehidupan anaknya dan dianggapnya wajar
wajar saja. akhirnya
setelah peristiwa itu barulah orang tuanya curiga
kenapa Adit tidak mengalami perkembangan
seperti anak lainya. Kemudian Adit
di periksakan pada dokter THT dan diperoleh hasil ada gangguan ada saraf
pendengaran Adit. Kemudian orang tua Sadar bahwa Adit mengalami gangguan pada bicaranya. Orang tua semat mengalami kebingungan apa yang akan terjadi pada masa
depan Adit dengan keadaannya tersebut.
Kemudian orang tua menemukan solusi bahwa ada sekolah yang bias menampung anak tunarungu yaitu di SLB.
B. Upaya tindak lanjut
Adit
sekarang sudah sekolah di SLB dia sekolah mulai kelas 1 SDLB hingga kini sudah
kelas 3 SDLB upaya yang dilakukan orang
tua sudah tepat dengan sekolah di SLB anak merasa bahwa lingkungan yang dia
tempati untuk belajar dia anggap sama dengan dirinya. Di SLB guru memberikan pengajaran akademis dengan
menggunakan kurikulum yang sudah disediakan oleh pemerintah juga pengajaran vokasional/keteramilan dan sosil
seperti yang terdapat ada VISI MISI SLB ABCD PGRI 2 Jajag dengan tujuan agar anak
kelak bisa hidup mandiri tanpa tergantung pada orang lain dan berbaur dengan
masyarakat luas.
Lampiran foto
PAPAN NAMA SLB ABCD PGRI 2 JAJAG