STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP SMP Darussyafa'ah Setail Genteng Banyuwangi JaTim
1. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk
Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat
penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya
mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari
betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi
nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan,
yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga,
sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan
untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan
dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan,
pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai
tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan.
Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi
berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat
dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan
dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi
untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia,
serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti,
etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun
sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai
dengan jenjang persekolahan yang secara
nasional ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain
penguasaaan materi;
- mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang
tersedia;
- memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan
untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan
kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama Islam diharapkan
menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan
akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya
dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu
diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang
muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam
lingkup lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat
mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan
kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat
dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan
masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan
Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama
Islam di SMP/MTs bertujuan untuk:
1.
menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan,
dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta
pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim
yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2.
mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin
beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi
(tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan
budaya agama dalam komunitas sekolah.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1. Al Qur’an dan Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan Kebudayaan Islam.
Pendidikan Agama Islam menekankan
keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah
SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri
sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar
Kelas VII,
Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1. Menerapkan Hukum bacaan
”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
|
1.1 Menjelaskan hukum
bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
1.2 Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan
”Al”Qomariyah
1.3 Menerapkan bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan
benar
|
Aqidah
2. Meningkatkan keimanan
kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya
|
2.1 Membaca ayat-ayat
Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah
2.2 Menyebutkan arti
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
2.3 Menunjukkan tanda-tanda
adanya Allah SWT
2.4 Menampilkan perilaku
sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
|
3. Memahami Asmaul Husna
|
3.1 Menyebutkan arti
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
3.2 Mengamalkan isi
kandungan 10 Asmaul Husna
|
Akhlak
4. Membiasakan perilaku
terpuji
|
4.1 Menjelaskan pengertian
tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
4.2 Menampilkan
contoh-contoh perilaku tawadhu, ta’at,
qana’ah dan sabar
4.3 Membiasakan perilaku
tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
5. Memahami ketentuan – ketentuan thaharah
(bersuci)
|
5.1
Menjelaskan ketentuan –ketentuan mandi wajib
5.2
Menjelaskan perbedaan hadas dan najis
|
6. Memahami tatacara
shalat
|
6.1 Menjelaskan ketentuan
–ketentuan shalat wajib
6.2
Memperaktikkan shalat wajib
|
7. Memahami tatacara
shalat jamaah dan munfarid (sendiri)
|
7.1 Menjelaskan pengertian
shalat jama’ah dan munfarid
7.2 Memperaktikkan shalat
jama’ah dan shalat munfarid
|
Tarikh dan kebudayaan Islam
8. Memahami sejarah
Nabi Muhammad SAW
|
8.1 Menjelaskan sejarah
Nabi Muhammad SAW
8.2 Menjelaskan misi
nabi Muhammad untuk semua manusia dan
bangsa
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
9. Menerapkan hukum
bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
|
9.1 Menjelaskan hukum
bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
9.2 Membedakan hukum bacaan
nun mati/tanwin dan mim mati
9.3 Menerapkan hukum bacaan
nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
|
Aqidah
10. Meningkatkan
keimanan kepada Malaikat
|
10.1 Menjelaskan arti
beriman kepada Malaikat
10.2 Menjelaskan
tugas-tugas Malaikat
|
Akhlak
11. Membiasakan
perilaku terpuji
|
11.1 Menjelaskan arti kerja
keras, tekun, ulet dan teliti
11.2 Menampilkan contoh
perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti
11.3 Membiasakan perilaku
kerja keras, ulet, tekun dan teliti
|
Fiqih
12. Memahami tatacara shalat Jum’at
|
12.1 Menjelaskan ketentuan –
ketentuan shalat jum’at
12.2 Mempraktekkan shalat jum’at
|
13. Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar
|
13.1 Menjelaskan shalat
jama’ dan qashar
13.2 Mempraktekkan shalat jama’ dan qashar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
14. Memahami sejarah Nabi
Muhammad SAW
|
14.1 Menjelaskan misi Nabi
Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan
bermanfaat
14.2 Menjelaskan misi Nabi
Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
14.3 Meneladani
perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
|
Kelas VIII, Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1.
Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra
|
1.1 Menjelaskan hukum
bacaan Qalqalah dan Ra
1.2 Menerapkan hukum bacaan
Qalqalah dan Ra dalam bacaan
surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
|
Aqidah
2.
Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah
|
2.1 Menjelaskan pengertian
beriman kepada Kitab-kitab Allah
2.2 Menyebutkan nama
Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul
2.3 Menampilkan sikap
mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
|
Akhlak
3.
Membiasakan perilaku terpuji
|
3.1 Menjelaskan pengertian
zuhud dan tawakkal
3.2 Menampilkan contoh
perilaku zuhud dan tawakkal
3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal
dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.
Menghindari perilaku tercela
|
4.1 Menjelaskan pengertian
ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
4.2 Menyebutkan contoh -
contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
4.3 Menghindari perilaku
ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Mengenal tatacara
shalat sunnat
|
5.1 Menjelaskan ketentuan
shalat sunnat rawatib
5.2 Memperaktikkan shalat
sunnat rawatib
|
6.
Memahami macam-macam sujud
|
6.1 Menjelaskan pengertian
sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.2 Menjelaskan tatacara
sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.3 Memperaktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud
tilawah
|
7. Memahami tatacara
puasa
|
7.1 Menjelaskan ketentuan
puasa wajib
7.2 Memperaktekkan puasa
wajib
7.3 Menjelaskan ketentuan
puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah
7.4 Memperaktikkan puasa
sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah
|
8. Memahami zakat
|
8.1 Menjelaskan pengertian
zakat fitrah dan zakat mal
8.2 Membedakan antara zakat
fitrah dan zakat mal
8.3 Menjelaskan orang yang
berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal
8.4 Memperaktikkan pelaksanaan zakat
fitrah dan zakat mal
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
9. Memahami Sejarah
Nabi
|
9.1 Menceritakan
sejarah Nabi Muhammad SAW dalam
membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
9.2 Meneladani perjuangan Nabi dan
para Sahabat di Madinah
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
10. Menerapkan hukum bacaan
mad dan waqaf
|
10.1 Menjelaskan hukum
bacaan mad dan waqaf
10.2 Menunjukkan contoh
hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
10.3 Mempraktikkan bacaan
mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
|
Aqidah
11. Meningkatkan keimanan
kepada Rasul Allah
|
11.1 Menjelaskan pengertian
beriman kepada Rasul Allah
11.2 Menyebutkan nama dan
sifat-sifat Rasul Allah
11.3 Meneladani sifat-sifat
Rasulullah SAW
|
Akhlak
12. Membiasakan perilaku
terpuji
|
12.1 Menjelaskan adab makan
dan minum
12.2 Menampilkan contoh adab
makan dan minum
12.3 Memperaktekkan adab
makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari
|
13. Menghindari Perilaku
tercela
|
13.1 Menjelaskan pengertian
perilaku dendam dan munafik
13.2 Menjelaskan ciri-ciri
pendendam dan munafik
13.3 Menghindari perilaku
pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari
|
14. Memahami hukum Islam
tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
|
14.1 Menjelaskan jenis-jenis
hewan yang halal dan haram dimakan
14.2 Menghindari makanan
yang bersumber dari binatang yang diharamkan.
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
15. Memahami sejarah dakwah
Islam
|
15.1 Menceritakan sejarah
pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah
15.2 Menyebutkan tokoh
ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah.
|
Kelas , IX Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an dan Al-Hadits
1.
Memahami Ajaran Al Qur’an surat At-Tin
|
1.1 Membaca QS At-Tin dengan tartil
1.2 Menyebutkan arti QS
At-Tin
1.3 Menjelaskan makna QS
At-Tin
|
2.
Memahami Ajaran
Al – Hadits tentang menuntut ilmu
|
2.1 Membaca hadits tentang
menuntut ilmu
2.2 Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut
ilmu
2.3 Menjelaskan makna
menuntut ilmu seperti dalam Al-Hadits
|
Aqidah
3.
Meningkatkan keimanan kepada Hari Akhir
|
3.1 Menjelaskan pengertian
beriman kepada Hari Akhir
3.2 Menyebutkan ayat Al-Qur’an
yang berkaitan dengan hari Akhir
3.3 Menceritakan proses
kejadian kiamat sughro dan kubro seperti terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits
|
Akhlak
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan pengertian
qana’ah dan tasamuh
4.2 Menampilkan contoh
perilaku qana’ah dan tasamuh
4.3 Membiasakan perilaku
qana’ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Memahami hukum Islam tentang penyembelihan hewan
|
5.1 Menjelaskan tatacara
penyembelihan hewan
5.2 Menjelaskan ketentuan
aqiqah dan qurban
5.3 Memperagakan cara
penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban
|
6.
Memahami hukum Islam tentang Haji dan Umrah
|
6.1 Menyebutkan pengertian
dan ketentuan haji dan umrah
6.2 Memperagakan
pelaksanaan ibadah haji dan umrah
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
7.
Memahami sejarah perkembangan Islam di Nusantara
|
7.1 Menceritakan sejarah
masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
7.2 Menceritakan sejarah
beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
|
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an dan Al Hadits
8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
|
8.1 Menampilkan bacaan QS
Al-Insyirah dengan tartil dan benar
8.2 Menyebutkan arti QS
Al-Insyirah
8.3 Mempraktikkan perilaku
dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS
Al-Insyirah
|
9. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang kebersihan
|
9.1 Membaca hadits tentang
kebersihan
9.2 Menyebutkan arti hadits
tentang kebersihan
9.3 Menampilkan perilaku
bersih seperti dalam hadits
|
Aqidah
10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan
Qadhar
|
10.1 Menyebutkan ciri-ciri
beriman kepada qadha dan qadhar
10.2 Menjelaskan hubungan
antara qadha dan qadhar
10.3 Menyebutkan
contoh-contoh qadha dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari
10.4 Menyebutkan ayat-ayat
Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadhar.
|
Akhlak
11. Menghindari perilaku
tercela
|
11.1 Menyebutkan pengertian
takabbur
11.2 Menyebutkan
contoh-contoh perilaku takabbur
11.3 Menghindari perilaku
takabbur dalam kehidupan sehari-hari
|
Fiqih
12. Memahami tatacara
berbagai shalat sunnah
|
12.1 Menyebutkan pengertian
dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid
12.2 Menyebutkan contoh
shalat sunnat berjamaah dan munfarid
12.3 Mempraktikkan shalat
sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
13. Memahami sejarah
tradisi Islam Nusantara
|
13.1 Menceritakan seni
budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
13.2 Memberikan apresiasi
terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
|
E. Arah Pengembangan
Srtandar
kompetensi dan dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompotensi untuk penilaian. Dalam merencanakan kegiatan pembelajaran dan
penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih
lanjut oleh Departemen Agama.