S I L A BU S
Nama Sekolah :
MTs.............
Mata Pelajaran : FIQIH
Kelas / Semester :VII/I
Standar Kompetensi : 1. Melaksanakan ketentuan thaharah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/bahan/alat
|
1.1. Menjelaskan
macam-macam najis dan tatacara thaharahnya (bersucinya)
|
Najis
|
· Membaca dan menelaah
berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang najis
dan macam-macamnya
· Mendengarkan penjelasan
macam-macam air
· Mengklasifikasikan
macam-macam air
· Menyebutkan Perbedaan air muthlak, mustakmal, makruh
(musyammas), mutanajis
· Mempraktikkan cara
bersuci dari najis
|
· Menjelaskan pengertian
najis
· Mengidentifikasikan
macam-macam najis
· Membedakan najis
mukhaffafah, mutawassithah dan mughalladhah
· Menyebutkan macam-macam
air
|
·
Tes Lisan
· Tes Tulis
· Unjuk Kerja
· Proyek
|
4X 40 menit
|
Sumber:
· Buku paket fiqih kl 7
· Gambar seputar
macam-macam najis
· Buku fiqih Islam
Sulaiman Rosyid
Bahan:
air sumur, air sungai
Alat:
·
Kran, pancuran, Gayung, timba
|
1.2. Menjelaskan hadats
kecil dan tatacara thaharahnya (bersucinya)
|
Hadats kecil
|
· Membaca dan menelaah
berbagai literatue untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang hadat
kecil dan melakuka tanya jawab seputar hadat kecil
·
Mengidentifikasi
kondisi berhadats kecil
|
· Menjelaskan pengertian
hadats kecil
· Mengidentifikasi
ciri-ciri hadats kecil
· Menyebutkan contoh yang
termasuk hadats kecil
|
· Tes unjuk kerja
· Observasi
· Performance
|
4 X 40 menit
|
· Buku paket fiqih kelass
VII
· LKS
· Lembar observasi
· Lembar penilaian
· Boneka
· Batu, kertas, tisu,
daun kering, dan plastikbatu apung, batu kali, air,gambar, peragaan wudu
|
Istinjak
|
· Membaca kemudian
menjelaskan masalah istinjak
· Mengidentifikasi alat
yang dapat digunakan untuk beristinjak dan memperagakannya
|
· Menjelaskan pengertian
istinjak
· Menjelaskan hukum
istinjak
· Menjelaskan adab buang
air
· Menyebutkan alat-alat
yang dapat digunakan untuk beristinjak
· Mempraktekkan tatacara
istinjak
|
||||
wudlu
|
· Membaca materi,
melakukan pengamatan terhadap teman yang melakukan wudlu, menuliskan hasil
pengamatan dan memberikan kesimpulan
· Mempraktikkan wudlu
secara bergantian
|
·
Menjelaskan pengertian wudlu
·
Menyebutkan syarat dan rukun wudlu
·
Menyebutkan sunah wudlu
·
Mengemukakan hal-hal yang membatalkan wudlu
·
Mempraktikkan tatacara wudlu
|
||||
1.3. Menjelaskan
macam-macam hadats besar dan tatacara thaharahnya (bersucinya)
|
Hadats besar
|
· Mendengarkan penjelasan
tentang pengertian dan contoh hadats besar
· Mendemonstrasikan tata
cara bersuci dari hadats besar
|
· Menjelaskan pengertian
hadats besar
· Menunjukkan contoh-contoh
hadats besar
|
· Tugas kelompok
· Tes Lisan
· Tes Tulis
· Observasi
· Tes unjuk kerja
|
2 X 40 menit
|
·
Buku paket fiqih kelas VII
·
Lembar kerja
·
Lembar penilaian
·
Lembar observasi
·
Boneka
·
Air
|
· Membaca dan memahami
materi haid
· Mengidentifikasi
ciri-ciri dan siklus haid
· Menjelaskan kewajiban
bagi wanita sesudah haid
|
· Menjelaskan pengertian
haid
· Mengidentifikasi
ciri-ciri darah haid
· Membedakan darah haid
dengan darah istihadoh
· Menentukan siklus darah haid
· Menjelaskan kewajiban
syar’i bagi wanita yang sudah haid
|
|||||
· Membaca dan memahami
materi mimpi basah
· Mengidentifikasi
ciri-ciri dan waktu terjadinya mimpi basah
|
· Menjelaskan pengertian
mimpi basah
· Menunjukkan ciri-ciri
mimpi basah
· Mengidentifikasi
kewajiban syar’i bagi laki-laki yang sudah
|
· Tugas kelompok
· Observasi
· Tes unjuk kerja
|
||||
· Melakukan tanya jawab
seputar mandi
· Mendengarkan penjelasan
seputar syarat, rukun, dan sunnah mandi
· Mengidentifikasi sebab
diwajibkannnya mandi
· Mencontohkan mandi
wajib dengan alat boneka
|
· Menjelaskan pengertian
mandi
· Menjelaskan macam-macam
mandi
· Menjelaskan syarat ,
rukun dan sunnah mandi
· Mejelaskan hal-hal yang
mewajibkan mandi
· Mendemontrasikan cara
mandi wajib
|
· Tugas kelompok
· Observasi
· Tes unjuk kerja
|
||||
· Membaca dan memahami seputar materi tayamum dengan benar
· Melakukan tanya jawab
· Memperagakan cara
tayamum
|
· Menjelaskan pengertian
tayamum
· Menjelaskan syarat dan
rukun tayamum
· Menjelaskan hal-hal
yang membatalkan tayamum
· Menjelaskan sebab-sebab
tayamum
· Mempraktikkan cara
bertayamum
|
· Tugas kelompok
· Observasi
· Tes unjuk kerja
|
S I L A BU S
Nama Sekolah :
MTs..............
Mata Pelajaran :
FIQIH
Kelas / Semester :VII/I
Standar Kompetensi : 2. Melaksanakan tatacara shalat fardu dan
sujud sahwi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/bahan/alat
|
2.1. Menjelaskan tata
cara shalat lima waktu
|
Shalat fardlu
|
· Membaca materi tentang shalat fardlu
· Mendiskusikan materi
sholat fardlu
· Melakukan pengamatan
kemudian membuat kesimpulan
|
· Mendefinisikan
pengertian shalat
· Menjelaskan syarat-syarat
sholat
· Menjelaskan rukun
shalat
· Menjelaskan hal-hal
yang membatalkan shalat
|
· Unjuk kerja
· Portofolio
· Tes tulis
· Tes Lisan
|
4 X 40 menit
|
SUMBER :
·
Buku fiqih Tiga Serangkai th 2008
·
Fiqih sunnah
·
Fiqih Sulaiman Rasyid
·
Nara sumber
·
Gambar tata urutan shalat
ALAT :
·
Mukena
· Sajadah
|
2.2. Menghafal bacaan-bacaan
shalat lima waktu
|
· Membaca secara klasikal
dan individu bacaan shalat
· Menghafalkan bacaan-bacaan sholat
|
· Melafalkan bacaan
shalat dengan benar
· Menghafal bacaan shalat
|
||||
2.3. Menjelaskan ketentuan-ketentuan
waktu shalat lima waktu
|
Shalat fardu
|
· Menyebutkan waktu
pelaksanaan shalat fardhu kemudian menunjukkan cara menentukan waktu shalat
fardhu
|
· Menjelaskan cara
menentukan waktu shalat fardu
· Menjelaskan cara
menentukan waktu shalat fardhu
|
· Unjuk kerja
· Portofolio
· Tes tulis
|
4 X 40 menit
|
SUMBER :
·
Buku fiqih Tiga Serangkai th 2008
·
Fiqih sunnah
·
Fiqih Sulaiman Rasyid
·
Nara sumber
·
Gambar tata urutan shalat
ALAT :
·
Mukena
·
Sajadah
·
Sarung
|
2.4. Menjelaskan
ketentuan sujud sahwi
2.5. Mempraktekkan
sholat lima waktu dan sujud sahwi
|
Sujud sahwi
|
· Membaca dan memahami
materi sujud sahwi
· Menghafal bacaan sujud
sahwi
· Memperagakan gerakan
sholat d an sujud sahwi secara bergantian
|
· Menjelaskan
pengertian sujud sahwi
· Menghafalkan bacaan
sujud sahwi
· Mempraktekkan tatacara
shalat dan sujud sahwi
|
· Tes Lisan
· Tes Tulis
· Portofolio
· Unjuk kerja
|
S I L A B U S
Nama Sekolah :
MTs...........
Mata Pelajaran :
FIQIH
Kelas / Semester : VII/I
Standar Kompetensi : 3. Melaksanakan tatacara adzan dan
iqomah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/bahan/alat
|
3.1. Menjelaskan
ketentuan adzan dan iqomah
|
Adzan, iqomah dan shalat berjamaah
|
· Menjelaskan
ketentuan adzan dan iqomah
|
· Siswa dapat menjelaskan
tentang ketentuan adzan iqomah
|
· Tes tulis
· Tes unjuk kerja
|
4 X 40 menit
|
SUMBER
· Buku paket fiqih kelas
VII MTs
ALAT
· Mukena
· Sajadah
· Sarung
· Kopyah
|
3.2. Menjelaskan
ketentuan shalat berjamaah
|
· Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah
|
· Siswa dapat Menjelaskan
ketentuan shalat berjamaah
|
||||
3.3. Menjelaskan
ketentuan makmum masbuk
|
· Menjelaskan ketentuan
makmum masbuk
|
· Siswa dapat menjelaskan
ketentuan makmum masbuk
|
||||
3.4. Menjelaskan cara
mengingatkan imam yang lupa
|
· Menjelaskan cara
mengingatkan imam yang lupa
· Mendemonstrasikan cara
mengingatkan imam yang lupa
|
· Siswa dapat menjelaskan
cara mengingatkan imam yang lupa
|
||||
3.5. Menjelaskan cara menggantikan
imam yang batal
|
· Menjelaskan cara
mengingatkan imam yang batal
· Mendemonstrasikan cara
mengganti imam yang batal
|
· Siswa dapat
menjelaskan cara menggantikan imam
yang batal
|
||||
3.6. Mempraktikkan adzan, iqomah
dan shalat berjamaah
|
· Menpraktekkan adzan,
iqomah dan shalat berjamaah
|
· Siswa dapat melafalkan
adzan, iqomah dan shalat berjamaah
|
S I L A B U S
Nama Sekolah :
MTs..........
Mata Pelajaran : FIQIH
Kelas / Semester :VII/I
Standar Kompetensi : 4. Melaksanakan tatacara berdzikir dan
berdoa setelah sholat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/bahan/alat
|
4.1. Menjelaskan
tatacara berdzikir dan berdoa setelah sholat
|
Dzikir dan doa
|
· Secara bersama-sama
siswa membaca materi berdzikir
· Menjelaskan macam-macam
berdzikir dan contohnya
· Mengidentifikasi adab
berdoa serta hikmah dari berdzikir
serta berdoa
· Mencatat contoh bacaan
dzikir serta doa setelah sholat
· Mensimulasikan bacaan
dzikir dan doa setelah sholat
· Mempraktekkan bacaan
dzikir dan doa setelah sholat
|
· Siswa dapat menjelaskan
pengertiam dzikir dan doa beserta dasar hukumnya
· Siswa dapat menyebutkan
macam-macam dzikir
· Siswa dapat menjelaskan
adab berdoa
· Siswa dapat menjelaskan
hikmah berdzikir dan berdoa
|
· Tes lisan
· Tes tulis
|
2 X 40 menit
|
1.
Buku paket fiqih
2.
Buku tuntunan sholat (buku amaliyyah siswa)
3.
LKS
4.
Tasbih
|
4.2. Menghafalkan
bacaan dzikir dan doa setelah sholat
|
Dzikir dan doa
|
· Mencatat contoh bacaan
dzikir serta doa setelah sholat
· Membaca bacaan dzikir
dan berdoa setelah sholat
· Menghafal bacaan dzikir
dan doa setelah sholat
|
· Siswa dapat melafalkan
bacaan dzikir dan doa setelah sholat
· Siswa dapat menghafalkan bacaan dzikir dan doa
setelah sholat
|
·
Proyek
·
Tes lisan
|
2 X 40 menit
|
1.
Buku paket fiqih
2.
Buku tuntunan sholat (buku amaliyyah siswa)
3.
LKS
4.
Tasbih
|
4..3. Mempraktekkan dzikir
dan doa
|
Dzikir dan doa
|
· Mensimulasikan bacaan
dzikir dan doa setelah sholat
· Mempraktekkan bacaan
dzikir dan doa setelah sholat
|
· Mempraktekkan bacaan
dzikir dan doa setelah sholat
· Siswa dapat mengamalkan
bacaan dzikir dan doa setelah sholat
|
· Perrman
· Sikap
|
2 X 40 menit
|
1. Buku paket fiqih
2. Buku tuntunan sholat
(buku amaliyyah siswa)
3. LKS
Tasbih
|
S I L A B U S
Nama Sekolah :
MTs............
Mata Pelajaran :
FIQIH
Kelas / Semester : VII/II
Standar Kompetensi : 1. Melaksanakan tatacara shalat
wajib selain shalat lima
waktu
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/bahan/alat
|
.1. Menjelaskan ketentuan shalat dan khutbah Jumat
.2. Mempraktekkan Khutbah
dan shalat Jumat
|
Shalat dan khutbah Jumat
|
· Mengidentifikasi shalat
Jumat
· Membacakan dalil tentang shalat Jumat
· Menjelaskan syarat
wajib shalat Jumat
· Mengidentifikasi syarat
sah shalat Jum’at
· Mengidentifikasi syarat
sah mendirikan shakat Jum’at
· Mengidentifikasi amalan
sunnah shalat jum’at
· Mengidentifikasi syarat
khutbah Jumat
· Mengidentifikasi rukun
khutbah Jumat
· Mengidentifikasi sunnah
khutbah
· Mencontohkan setiap
rukun dan sunnah khutbah Jumat
· Mendemonstrasikan
shalat dan khutbah Jumat sesuai rukunnya
|
· Menjelaskan pengertian
shalat dan khutbah Jumat dan dalilnya
· Menjelaskan
syarat-syarat shalat Jumat
· Menjelaskan syarat dan
rukun khutbah Jumat
· Menjelaskan sunnah
shalat Jumat
· Mendemonstrasikan
shalat dan khutbah Jumat
|
· Tes Lisan
· Performance
|
2 X 40 menit
|
Sumber:
· Buku paket fiqih kelas
VII
· VCD
· Buku fiqih Islam Drs.
Amir Abyan, MA
·
Naskah khutbah Jumat
·
LKS
|
.3. Menjelaskan ketentuan
shalat jenazah
.4. Menghafal bacaan-bacaan
shalat jenazah
.5. Mempraktekkan shalat
jenazah
|
Shalat jenazah
|
· Mengidentifikasi pengertian
shalat Jenazah
· Menyebutkan hukum
shalat jenazah
· Mengidentifikasi dan
menjelaskan syarat dan rukun shalat
jenazah
· Siswa menghafal bacaan
shalat jenazah
· Siswa mengidentifikasi shalat
ghaib
· Mendemontrasikan
praktek shalat jenazah dan shalat ghaib
|
· Menjelaskan pengertian
shalat jenazah
· Menjelaskan hukum
shalat jenazah
· Menjelaskan syarat dan rukun shalat jenazah
· Melafalkan bacaan
shalat jenazah
· Menjelaskan pengertian
shalat ghaib
· Mendemontrasikan shalat
jenazah
|
· Tes Tertulis
· Tes Lisan
· Performance
|
2 X 40 menit
|
Sumber:
· Buku paket fiqih MTs kelas
VII Drs Amir Abyan, MA
· VCD
· LKS
· Boneka/ mayat
·
Kain kafan
|
S I L A B U S
Nama Sekolah : MTs.
Mata Pelajaran :
FIQIH
Kelas / Semester :
VII/II
Standar Kompetensi : 2. Melaksanakan tatacara shalat jama’ qashar, dan jama’
qasar serta salat dalam keadaan darurat
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/bahan/alat
|
2.1. Menjelaskan
ketentuan salat jama’, qashar dan jama Qashar
2.2. Mempraktikkan
salat jama, Qashar dan jamak Qashar
|
Shalat jama’, qashar dan
jama’ qashar
|
· Menceritakan dinamika
perjalanan jarak jauh
· Mengklasifikasi
pengertian shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
· Membacakan dalil shalat
jama’
· Tata cara shalat jama’
· Mengidentifikasi macam-macam
shalat jama’
· Menyebutkan shalat yang
boleh dijama’
· Mengidentifikasi syarat
shalat jama’
· Mendemonstrasi tatacara
shalat jama’
· Mengidentifikasi
pengertian shalat qashar
· Menyebutkan shalat yang
boleh di qashar
· Mengidentifikasi salat
yang boleh di qashar
· Mendemontrasi shalat
jama’, qashar dan jama’ qashar
|
· Menjelaskan pengertian
shalat jama’ dan dalilnya
· Menyebutkan macam-macam
shalat jama’
· Menyebutkan shalat yang
bpleh dijama’
· Menjelaskan syarat
shalat jama’
· Menjelaskan tatacara
shalat jama’
· Menjelaskan pengertian
shalat qashar
· Menyebutkan shalat yang
boleh di qashar
· Menjelaskan syarat
shalat qashar
· Menjelaskan pengertian
shalat jama’qashar
·
Menjelaskan tatacara qashar dan jama’ qashar
|
· Tes Lisan
· Tes Tulis
· Tugas
· Performance
· Proyek
|
4 X 40 menit
|
Sumber:
· Buku paket fiqih kelas
VII, Drs. Sudarko, S. Pd. Semarang
· Buku tata cara shalat
lengkap, Ust. Hanafi
·
Al Qur’anul
Karim dan terjemahnya
·
LKS
|
2.3. Menjelaskan
ketentuan shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit di kendaraan
2.4. Mempraktikkan shalat dalam
keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
|
Shalat dalam keadaan darurat
|
· Mengidentifikasi
pengertian shalat dalam keadaan darurat dan dalilnya
· Menjelaskan tatacara
shalat dalam keadaan sakit
· Menjelaskan tata cara
shalat ketika sedang dalam kendaraan
· Mendemontrasikan shalat
dalam keadaan darurat
|
· Menjelaskan pengertian
shalat dalam keadaan darurat dan dalilnya
· Menjelaskan tatacara
shalat dalam keadaan sakit
· Menjelaskan tata cara
shalat ketika sedang dalam kendaraan
· Menpraktikkan shalat
dalam keadaan darurat
|
·
Tes lisan
·
Tes Tulis
·
Proyek
·
Performance
·
Pengamatan/Sikap
|
2 X 40 menit
|
Sumber:
· Buku paket fiqih kelas
7
· Buku tata cara shalat
lengkap, Ust. Hanafi
·
Al Qur’anul
Karim dan terjemahnya
·
LKS
|
S I L A B U S
Nama
Sekolah :
MTs................
Mata Pelajaran
: FIQIH
Kelas / Semester :
VII/II
Standar Kompetensi : 3.
Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghairu muakkad
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/bahan/alat
|
3..1. menjelaskan ketentuan shalat sunnah muakkad
|
Tatacara sholat sunnah muakkad
|
· Membaca dan memahami materi sholat sunnah dengan benar
· Mencari dalil yang berhubungan dengan sholat sunnah
|
·
Menjelaskan
pengertian sholat sunnah rawatib
·
Menunjukkan dalil tentang sholat sunnah rawatib
|
· Tes tulis
· Tes Lisan
· Tes unjuk
kerja
|
2
X 40 menit
|
· Bk paket
fiqih VII
· Lembar
penilaian
· LKS
· Kartu soal
|
3.2.
Menjelaskan macam-macam sholat sunnah muakkad
|
Tatacara sholat sunnah muakkad
|
· Mencermati macam-macam sholat sunnah muakkad lalu
melakukan pengklasifikasian dari segi jumlah dan waktu
· Menuliskan keutamaan sholat sunnah rawatib
|
· Mengidentifikasi
macam-macam sholat sunnah rawatib
· Menjelaskan
bilangan shalat sunnah rawatib
· Membandingkan
shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad
· Menyimpulkan keutamaan shalat sunnah rawatib
|
·
|
||
3.4 Menjelaskan ketentuan shalat sunah ghairu muakad
|
Tatacara sholat sunnah malam, idain, duha
|
· Memperagakan shalat sunnah rawatib melalui pemodelan
|
·
Menjelaskan
pengertian shalat sunnah ghairu muakkad
·
Mengidentifikasi
macam-macam shalat sunnah ghairu
muakkad
·
Menunjukkan
waktu pelaksanaan shalat sunnah malam
·
Menunjukkan waktu pelaksanaan salat sunnah malam
·
Menyebutkan
jumlah rakaat shalat sunnah malam
·
Melafalkan doa
setelah shalat sunnah malam
·
Menjelaskan
pengertian shalat sunnah id dan dalilnya
·
Menunjukkan
waktu pelaksanaan shalat id
·
Menyebutkan
jumlah rakaat shalat id
·
Menunjukkan
bacaan dalam shalat id
·
Menjelaskan
pengertian shalat duha dan dalilnya
·
Menunjukan waktu pelaksanaan shalat dhuha
·
Menghafalkan doa
·
Mendemonstarsikan
cara shalat sunah rawatib yang muakad
dan ghairu muakad
|
·
|
·
|
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran