Label

Rabu, 09 September 2015

Silabus MTs Mata Pelajaran Fiqih



S I L A BU S

Nama Sekolah                       : MTs.............
Mata Pelajaran                     : FIQIH
Kelas / Semester                   :VII/I
Standar Kompetensi             : 1. Melaksanakan ketentuan thaharah


Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Penilaian
Alokasi Waktu

Sumber/bahan/alat
1.1. Menjelaskan macam-macam najis dan tatacara thaharahnya (bersucinya)
Najis
·   Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang najis dan macam-macamnya
·   Mendengarkan penjelasan macam-macam air
·   Mengklasifikasikan macam-macam air
·   Menyebutkan  Perbedaan air muthlak, mustakmal, makruh (musyammas), mutanajis
·   Mempraktikkan cara bersuci dari najis
·   Menjelaskan pengertian najis
·   Mengidentifikasikan macam-macam najis
·   Membedakan najis mukhaffafah, mutawassithah dan mughalladhah
·   Menyebutkan macam-macam air
·    Tes Lisan
·   Tes Tulis
·   Unjuk Kerja
·   Proyek
4X 40 menit
Sumber:
·   Buku paket fiqih kl 7
·   Gambar seputar macam-macam najis
·   Buku fiqih Islam Sulaiman Rosyid
Bahan:
air sumur, air sungai
Alat:
·   Kran, pancuran, Gayung, timba
1.2. Menjelaskan hadats kecil dan tatacara thaharahnya (bersucinya)
Hadats kecil
·   Membaca dan menelaah berbagai literatue untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang hadat kecil dan melakuka tanya jawab seputar hadat kecil
·    Mengidentifikasi kondisi berhadats kecil
·   Menjelaskan pengertian hadats kecil
·   Mengidentifikasi ciri-ciri hadats kecil
·   Menyebutkan contoh yang termasuk hadats kecil
· Tes unjuk kerja
· Observasi
· Performance
4 X 40 menit
·   Buku paket fiqih kelass VII
·   LKS
·   Lembar observasi
·   Lembar penilaian
·   Boneka
·   Batu, kertas, tisu, daun kering, dan plastikbatu apung, batu kali, air,gambar, peragaan wudu

Istinjak
·   Membaca kemudian menjelaskan masalah istinjak
·   Mengidentifikasi alat yang dapat digunakan untuk beristinjak dan memperagakannya

·   Menjelaskan pengertian istinjak
·   Menjelaskan hukum istinjak
·   Menjelaskan adab buang air
·   Menyebutkan alat-alat yang dapat digunakan untuk beristinjak
·   Mempraktekkan tatacara istinjak

wudlu
·   Membaca materi, melakukan pengamatan terhadap teman yang melakukan wudlu, menuliskan hasil pengamatan dan memberikan kesimpulan
·   Mempraktikkan wudlu secara bergantian

·                          Menjelaskan pengertian wudlu
·                          Menyebutkan syarat dan rukun wudlu
·                          Menyebutkan sunah wudlu
·                           Mengemukakan hal-hal yang membatalkan wudlu
·                          Mempraktikkan tatacara wudlu
1.3. Menjelaskan macam-macam hadats besar dan tatacara thaharahnya (bersucinya)
Hadats besar
·   Mendengarkan penjelasan tentang pengertian dan contoh hadats besar
·   Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadats besar
·   Menjelaskan pengertian hadats besar
·   Menunjukkan contoh-contoh hadats besar
·   Tugas kelompok
·   Tes Lisan
·   Tes Tulis
·   Observasi
·   Tes unjuk kerja

2 X 40 menit
·   Buku paket fiqih kelas VII
·    Lembar kerja
·   Lembar penilaian
·   Lembar observasi
·   Boneka
·   Air


·   Membaca dan memahami materi haid
·   Mengidentifikasi ciri-ciri dan siklus haid
·   Menjelaskan kewajiban bagi wanita sesudah haid
·   Menjelaskan pengertian haid
·   Mengidentifikasi ciri-ciri darah haid
·   Membedakan darah haid dengan darah istihadoh
·    Menentukan siklus darah haid
·   Menjelaskan kewajiban syar’i bagi wanita yang sudah haid


·   Membaca dan memahami materi mimpi basah
·   Mengidentifikasi ciri-ciri dan waktu terjadinya mimpi basah

·   Menjelaskan pengertian mimpi basah
·   Menunjukkan ciri-ciri mimpi basah
·   Mengidentifikasi kewajiban syar’i bagi laki-laki yang sudah
·   Tugas kelompok
·   Observasi
·   Tes unjuk kerja





·   Melakukan tanya jawab seputar mandi
·   Mendengarkan penjelasan seputar syarat, rukun, dan sunnah mandi
·   Mengidentifikasi sebab diwajibkannnya mandi
·   Mencontohkan mandi wajib dengan alat boneka
·   Menjelaskan pengertian mandi
·   Menjelaskan macam-macam mandi
·   Menjelaskan syarat , rukun dan sunnah mandi
·   Mejelaskan hal-hal yang mewajibkan mandi
·   Mendemontrasikan cara mandi wajib
·   Tugas kelompok
·   Observasi
·   Tes unjuk kerja





·    Membaca dan memahami  seputar materi tayamum dengan benar
·   Melakukan tanya jawab
·   Memperagakan cara tayamum
·   Menjelaskan pengertian tayamum
·   Menjelaskan syarat dan rukun tayamum
·   Menjelaskan hal-hal yang membatalkan tayamum
·   Menjelaskan sebab-sebab tayamum
·   Mempraktikkan cara bertayamum
·   Tugas kelompok
·   Observasi
·   Tes unjuk kerja





S I L A BU S

Nama Sekolah                       : MTs..............
Mata Pelajaran                     : FIQIH
Kelas / Semester                   :VII/I
Standar Kompetensi             : 2. Melaksanakan tatacara shalat fardu dan sujud sahwi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/bahan/alat
2.1. Menjelaskan tata cara shalat lima waktu




Shalat fardlu
·   Membaca materi tentang  shalat fardlu
·   Mendiskusikan materi sholat fardlu
·   Melakukan pengamatan kemudian membuat kesimpulan
·   Mendefinisikan pengertian  shalat  
·   Menjelaskan syarat-syarat sholat
·   Menjelaskan rukun shalat
·   Menjelaskan hal-hal yang membatalkan shalat
·   Unjuk kerja
·   Portofolio
·   Tes tulis
·   Tes Lisan
4 X 40 menit
SUMBER :
·   Buku fiqih Tiga Serangkai th 2008
·   Fiqih sunnah
·   Fiqih Sulaiman Rasyid
·   Nara sumber
·   Gambar tata urutan shalat
ALAT :
·   Mukena
·   Sajadah
2.2. Menghafal bacaan-bacaan shalat lima waktu

·   Membaca secara klasikal dan individu bacaan shalat
·    Menghafalkan bacaan-bacaan sholat
·   Melafalkan bacaan shalat dengan benar
·   Menghafal bacaan shalat


2.3. Menjelaskan ketentuan-ketentuan waktu shalat lima waktu
Shalat fardu
·   Menyebutkan waktu pelaksanaan shalat fardhu kemudian menunjukkan cara menentukan waktu shalat fardhu
·   Menjelaskan cara menentukan waktu shalat fardu
·   Menjelaskan cara menentukan waktu shalat fardhu

·   Unjuk kerja
·   Portofolio
·   Tes tulis
4 X 40 menit
SUMBER :
·   Buku fiqih Tiga Serangkai th 2008
·   Fiqih sunnah
·   Fiqih Sulaiman Rasyid
·   Nara sumber
·   Gambar tata urutan shalat
ALAT :
·   Mukena
·   Sajadah
·   Sarung

2.4. Menjelaskan ketentuan sujud sahwi

2.5. Mempraktekkan sholat lima waktu dan sujud sahwi
Sujud sahwi
·   Membaca dan memahami materi sujud sahwi
·   Menghafal bacaan sujud sahwi

·   Memperagakan gerakan sholat d an sujud sahwi secara bergantian
·   Menjelaskan pengertian  sujud sahwi
·   Menghafalkan bacaan sujud sahwi
·   Mempraktekkan tatacara shalat dan sujud sahwi
·   Tes Lisan
·   Tes Tulis
·   Portofolio
·   Unjuk kerja

                                                                                                                                      


S I L A B U S
Nama Sekolah                     : MTs...........
Mata Pelajaran                   : FIQIH
Kelas / Semester                : VII/I
Standar Kompetensi          : 3. Melaksanakan tatacara adzan dan iqomah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/bahan/alat
3.1. Menjelaskan ketentuan adzan dan iqomah
Adzan,  iqomah dan shalat berjamaah
·   Menjelaskan ketentuan  adzan dan iqomah
·   Siswa dapat menjelaskan tentang ketentuan adzan iqomah
·   Tes tulis
·   Tes unjuk kerja
4 X 40 menit
SUMBER
·   Buku paket fiqih kelas VII MTs
ALAT
·   Mukena
·   Sajadah
·   Sarung
·   Kopyah
3.2. Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah

·  Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah
·   Siswa dapat Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah


3.3. Menjelaskan ketentuan makmum masbuk

·   Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
·   Siswa dapat menjelaskan ketentuan makmum masbuk


3.4. Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa

·   Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
·   Mendemonstrasikan cara mengingatkan imam yang lupa
·   Siswa dapat menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa



3.5. Menjelaskan cara menggantikan imam yang batal

·   Menjelaskan cara mengingatkan imam yang batal
·   Mendemonstrasikan cara mengganti imam yang batal
·   Siswa dapat menjelaskan  cara menggantikan imam yang batal



3.6. Mempraktikkan adzan, iqomah dan shalat berjamaah

·   Menpraktekkan adzan, iqomah dan shalat berjamaah
·   Siswa dapat melafalkan adzan, iqomah dan shalat berjamaah



                                   


S I L A B U S
Nama Sekolah                       : MTs..........
Mata Pelajaran                     : FIQIH
Kelas / Semester                  :VII/I
Standar Kompetensi             : 4. Melaksanakan tatacara berdzikir dan berdoa setelah sholat

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/bahan/alat
4.1. Menjelaskan tatacara berdzikir dan berdoa setelah sholat
Dzikir dan doa
·   Secara bersama-sama siswa membaca materi berdzikir
·   Menjelaskan macam-macam berdzikir dan contohnya
·   Mengidentifikasi adab berdoa  serta hikmah dari berdzikir serta berdoa
·   Mencatat contoh bacaan dzikir serta doa setelah sholat
·   Mensimulasikan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
·   Mempraktekkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
·   Siswa dapat menjelaskan pengertiam dzikir dan doa beserta dasar hukumnya
·   Siswa dapat menyebutkan macam-macam dzikir
·   Siswa dapat menjelaskan adab berdoa
·   Siswa dapat menjelaskan hikmah berdzikir dan berdoa
·   Tes lisan
·   Tes tulis
2 X 40 menit
1. Buku paket fiqih
2. Buku tuntunan sholat (buku amaliyyah siswa)
3. LKS
4. Tasbih

4.2. Menghafalkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
Dzikir dan doa
·   Mencatat contoh bacaan dzikir serta doa setelah sholat
·   Membaca bacaan dzikir dan berdoa setelah sholat
· Menghafal bacaan dzikir dan doa setelah sholat
·   Siswa dapat melafalkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
·   Siswa  dapat menghafalkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
·   Proyek
·   Tes lisan

2 X 40 menit
1. Buku paket fiqih
2. Buku tuntunan sholat (buku amaliyyah siswa)
3. LKS
4. Tasbih
4..3. Mempraktekkan dzikir dan doa
Dzikir dan doa
·   Mensimulasikan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
·   Mempraktekkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
  
·   Mempraktekkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
·   Siswa dapat mengamalkan bacaan dzikir dan doa setelah sholat
·   Perrman
·   Sikap

2 X 40 menit
1. Buku paket fiqih
2. Buku tuntunan sholat (buku amaliyyah siswa)
3. LKS
Tasbih
       

            S I L A B U S
Nama Sekolah                       : MTs............
Mata Pelajaran                      : FIQIH
Kelas / Semester                   : VII/II
Standar Kompetensi              : 1. Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat lima waktu
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/bahan/alat
.1.      Menjelaskan ketentuan shalat dan khutbah Jumat
.2.      Mempraktekkan Khutbah dan shalat Jumat
Shalat dan khutbah Jumat
·   Mengidentifikasi shalat Jumat
·   Membacakan dalil tentang shalat Jumat
·   Menjelaskan syarat wajib shalat Jumat
·   Mengidentifikasi syarat sah shalat Jum’at
·   Mengidentifikasi syarat sah mendirikan shakat Jum’at
·   Mengidentifikasi amalan sunnah shalat jum’at
·   Mengidentifikasi syarat khutbah Jumat
·   Mengidentifikasi rukun khutbah Jumat
·   Mengidentifikasi sunnah khutbah
·   Mencontohkan setiap rukun dan sunnah khutbah Jumat
·   Mendemonstrasikan shalat dan khutbah Jumat sesuai rukunnya
·   Menjelaskan pengertian shalat dan khutbah Jumat dan dalilnya
·   Menjelaskan syarat-syarat shalat Jumat
·   Menjelaskan syarat dan rukun khutbah Jumat
·   Menjelaskan sunnah shalat Jumat
·   Mendemonstrasikan shalat dan khutbah Jumat

·   Tes Lisan
·   Performance

2 X 40 menit
Sumber:
·   Buku paket fiqih kelas VII
·   VCD
·   Buku fiqih Islam Drs. Amir Abyan, MA
·   Naskah khutbah Jumat
·   LKS
.3.      Menjelaskan ketentuan shalat jenazah
.4.      Menghafal bacaan-bacaan shalat jenazah
.5.      Mempraktekkan shalat jenazah
Shalat jenazah
·   Mengidentifikasi pengertian shalat Jenazah
·   Menyebutkan hukum shalat jenazah
·   Mengidentifikasi dan menjelaskan  syarat dan rukun shalat jenazah
·   Siswa menghafal bacaan shalat jenazah
·   Siswa mengidentifikasi shalat ghaib
·   Mendemontrasikan praktek shalat jenazah dan shalat ghaib

·   Menjelaskan pengertian shalat jenazah
·   Menjelaskan hukum shalat jenazah
·   Menjelaskan  syarat dan rukun shalat jenazah
·   Melafalkan bacaan shalat jenazah
·   Menjelaskan pengertian shalat ghaib
·   Mendemontrasikan shalat jenazah

·    Tes Tertulis
·   Tes Lisan
·    Performance

2 X 40 menit
Sumber:
·   Buku paket fiqih MTs kelas VII Drs Amir Abyan, MA
·   VCD
·   LKS
·   Boneka/ mayat
·   Kain kafan
                       

S I L A B U S
Nama Sekolah                       : MTs.
Mata Pelajaran                      : FIQIH
Kelas / Semester                   : VII/II
Standar Kompetensi              : 2. Melaksanakan tatacara shalat jama’ qashar, dan jama’ qasar serta salat dalam keadaan  darurat
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/bahan/alat
2.1. Menjelaskan ketentuan salat jama’, qashar dan jama Qashar
2.2. Mempraktikkan salat jama, Qashar dan jamak Qashar
Shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
·   Menceritakan dinamika perjalanan jarak jauh
·   Mengklasifikasi pengertian shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
·   Membacakan dalil shalat jama’
·    Tata cara shalat jama’
·   Mengidentifikasi macam-macam shalat jama’
·   Menyebutkan shalat yang boleh dijama’
·   Mengidentifikasi syarat shalat jama’
·   Mendemonstrasi tatacara shalat jama’
·   Mengidentifikasi pengertian shalat qashar
·   Menyebutkan shalat yang boleh di qashar
·   Mengidentifikasi salat yang boleh di qashar
·   Mendemontrasi shalat jama’, qashar dan jama’ qashar
·   Menjelaskan pengertian shalat jama’ dan dalilnya
·   Menyebutkan macam-macam shalat jama’
·   Menyebutkan shalat yang bpleh dijama’
·   Menjelaskan syarat shalat jama’
·   Menjelaskan tatacara shalat jama’
·   Menjelaskan pengertian shalat qashar
·   Menyebutkan shalat yang boleh di qashar
·   Menjelaskan syarat shalat qashar
·   Menjelaskan pengertian shalat jama’qashar
·   Menjelaskan tatacara qashar dan jama’ qashar
·   Tes Lisan
·   Tes Tulis
·   Tugas
·   Performance
·   Proyek



4 X 40 menit
Sumber:
·   Buku paket fiqih kelas VII, Drs. Sudarko, S. Pd. Semarang
·   Buku tata cara shalat lengkap, Ust. Hanafi
·    Al Qur’anul Karim dan terjemahnya
·   LKS
2.3. Menjelaskan ketentuan shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit di kendaraan
2.4. Mempraktikkan shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
Shalat dalam keadaan darurat
·   Mengidentifikasi pengertian shalat dalam keadaan darurat dan dalilnya
·   Menjelaskan tatacara shalat dalam keadaan sakit
·   Menjelaskan tata cara shalat ketika sedang dalam kendaraan
·   Mendemontrasikan shalat dalam keadaan darurat
·   Menjelaskan pengertian shalat dalam keadaan darurat dan dalilnya
·   Menjelaskan tatacara shalat dalam keadaan sakit
·   Menjelaskan tata cara shalat ketika sedang dalam kendaraan
·   Menpraktikkan shalat dalam keadaan darurat
·   Tes lisan
·   Tes Tulis
·   Proyek
·   Performance
·   Pengamatan/Sikap

2 X 40 menit
Sumber:
·   Buku paket fiqih kelas 7
·   Buku tata cara shalat lengkap, Ust. Hanafi
·    Al Qur’anul Karim dan terjemahnya
·   LKS

S I L A B U S
Nama Sekolah                             : MTs................
Mata Pelajaran                            : FIQIH
Kelas / Semester                         : VII/II
Standar Kompetensi                 : 3. Melaksanakan tatacara shalat sunnah muakkad dan ghairu muakkad
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/bahan/alat
3..1. menjelaskan ketentuan shalat sunnah muakkad
Tatacara sholat sunnah muakkad
·   Membaca dan memahami materi sholat sunnah dengan benar
·   Mencari dalil yang berhubungan dengan sholat sunnah
·   Menjelaskan pengertian sholat sunnah rawatib
·   Menunjukkan dalil tentang sholat sunnah rawatib
·   Tes tulis
·   Tes Lisan
·   Tes unjuk kerja
2 X 40 menit
·   Bk paket fiqih VII
·   Lembar penilaian
·   LKS
·   Kartu soal
3.2. Menjelaskan macam-macam sholat sunnah muakkad

Tatacara sholat sunnah muakkad
·   Mencermati macam-macam sholat sunnah muakkad lalu melakukan pengklasifikasian dari segi jumlah dan waktu
·   Menuliskan keutamaan sholat sunnah rawatib
·   Mengidentifikasi macam-macam sholat sunnah rawatib
·   Menjelaskan bilangan shalat sunnah rawatib
·   Membandingkan shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad
·   Menyimpulkan keutamaan shalat sunnah rawatib


·    
3.4 Menjelaskan ketentuan shalat sunah ghairu muakad
Tatacara sholat sunnah malam, idain, duha
·   Memperagakan shalat sunnah rawatib melalui pemodelan
·   Menjelaskan pengertian shalat sunnah ghairu muakkad
·   Mengidentifikasi macam-macam shalat sunnah  ghairu muakkad
·   Menunjukkan waktu pelaksanaan shalat sunnah malam
·   Menunjukkan  waktu pelaksanaan salat sunnah malam
·   Menyebutkan jumlah rakaat shalat sunnah malam
·   Melafalkan doa setelah shalat sunnah malam
·   Menjelaskan pengertian shalat sunnah id dan dalilnya
·   Menunjukkan waktu pelaksanaan shalat id
·   Menyebutkan jumlah rakaat shalat  id
·   Menunjukkan bacaan dalam shalat id
·   Menjelaskan pengertian shalat duha dan dalilnya
·    Menunjukan waktu pelaksanaan shalat dhuha
·    Menghafalkan doa
·   Mendemonstarsikan cara shalat sunah rawatib yang muakad dan ghairu muakad
·    

·    
          Mengetahui                                                                                                                                           Kepala Madrasah                                                                                      Guru Mata Pelajaran



Tidak ada komentar:

Posting Komentar