Label

Senin, 07 Maret 2016

Motivasi dan hal-hal yang mempengaruhinya



1.      Pengertian Motivasi
Sebelum kita bahas lebih jauh tentang motivasi alangkah lebih baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu motivasi. Motivasi pada dasarnya adalah kata tanda "motiv" yang diartikan sebagai daya upaya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain dapat dikatakan sebagai daya penggerak dari dalam dan didalam subyek untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi mencapai suatu tujuan. Berawal dari kata "motiv" itu maka motivasi dapat diartikan sebagai daya penggerak yang telah menjadi aktif (Sardiman A.M, 2001 : 73).
Mc.Donald (dalam Sardiman Am, 2001:73) memberikan pengertian bahwa motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya "feeling" dan didahului dengan tanggapan terhadapa adanya tujuan. Dari pengertian itu terdapat tiga elemen penting motivasi:
a.       Motivasi itu mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu manusia. Perkembangan motivasi akan membawa perubahan energi pada organisme manusia. Karena menyangkut perubahan energi manusia penampakannya akan menyangkut kegiatan fisik manusia.
b.      Motivasi ditandai dengan munculnya "feeling" atau rasa seseorang. Oleh karena itu, motivasi relevan dengan persolalan-persoalan kejiwaan, afeksi, dan emosi yang dapat menentukan tingkah laku manusia.
c.       Motivasi akan dirancang oleh adanya tujuan, motivasi merupakan respon dari suatu aksi yaitu tujuan. Motivasi memang muncul dari dalam diri manusia, tetapi kemunculan itu karena dirangsang atau didorong oleh adanya unsur lain yaitu tujuan.
Dengan tiga elemen diatas dapat dikatakan bahwa motivasi merupakan sesuatu yang komplek. Dalam kegiatan mengajar apabila ada seorang siswa tidak berbuat sesuatu yang seharusnya dikerjakan, maka perlu diselidiki sebab-sebabnya.  Sebab-sebab itu bisa macam-macam adakalanya mungkin tidak senang mungkin sakit, ada problem pribadi dan lain-lain. Kalau kita sudah mengetahui hal-hal itu maka tidak akan mudah menyalahakn anak didik tetapi dicari penyebabnya dan selanjutnya akan ditanggulangi
2.      Hal-hal Yang Mempengaruhi Motivasi
Selain itu ada beberapa hal yang mempengaruhi motivasi belajar anak. Minimal empat hal utama yang mempengaruhi motivasi belajar, menurut Raimon., dkk (Dalam M. Khairul Anam, 2004:19) keempat hal itu adalah : budaya, keluarga, sekolah dan anak itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar