. Pengaruh Pemberian Motivasi Oleh Guru Terhadap Perilaku Siswa
Dari uraian di
atas, tampak adanya pengaruh yang tidak bisa dipisahkan antara pemberian motivasi
oleh guru terhadap perilaku siswa, sebab sedikit banyak motivasi guru dapat
mempengaruhi akhlak seseorang, bila apa yang telah dihasilkan atau diperoleh
dari motivasi itu diamalkan dengan maksimal.
Pada pembahasan
terdahulu telah dijelaskan, tentang pemberian
motivasi guru secara lisan maupun secara perbuatan, kedua sub motivasi tersebut
merupakan kombinasi dalam rangka mendidik akhlak dan perilaku siswa.
Oleh karena itu,
semakin baik motivasi yang diberikan guru pada siswa, serta tauladan yang
dicontohkan pula, maka akan semakin nampak hasilnya baik akhlak siswa yang
berhubungan lembaga pendidikan, realitas masyarakat maupun keluarga. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi guru secara lisan atau perbuatan
memiliki hubungan yang positif dengan perilaku siswa baik di sekolah ataupun di
rumah.
- Hipotesis
Setelah penulis
mengadakan kajian terhadap beberapa sumber, maka langkah berikutnya adalah
merumuskan hipotesis. Sutrisno Hadi berpendapat: Hipotesis adalah dugaan yang
mungkin benar dan mungkin salah. Dia akan ditolak jika salah atau palsu, dan
akan diterima jika fakta-fakta membenarkannya. Penolakan dan penerimaan
hipotesis dengan begitu sangat tergantung kepada hasil-hasil penyelidikan
terhadap fakta-fakta yang dikumpulkan.
Dari ungkapan
diatas memberikan pemahaman bahwa hipotesis adalah sebuah kesimpulan sementara
yang secara teoritis akan dijadikan pegangan dalam proses laporan penelitian.
Sebelum terjun
kepada penelitian seorang peneliti merumuskan terlebih dahulu hipotesis secara
jelas dengan maksud agar proses penelitiannya lebih terarah, disamping juga
akan memudahkan peneliti dalam membuktikan kebenaran hipotesis yang telah
dirumuskan sebelumnya.
Adapun hipotesis
yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Hipotesa Mayor
Bahwa ada pengaruh pemberian motivasi oleh
guru terhadap perilaku siswa.
2. Hipotesa Minor
a. Bahwa ada pengaruh pemberian motivasi oleh guru
secara lisan terhadap perilaku siswa .
b. Bahwa ada pengaruh pemberian motivasi oleh guru
secara perbuatan terhadap perilaku siswa .
Akhirnya untuk
membuktikan kajian teori dan hipotesa ini, benar atau salah hipotesa yang telah
dirumuskan masih memerlukan pengujian atau analisis data melalui penelitian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar