Label

Sabtu, 20 Februari 2016

Pengaruh Pemberian Motivasi Oleh Guru Terhadap Perilaku Siswa

. Pengaruh Pemberian Motivasi Oleh Guru Terhadap Perilaku Siswa
Dari uraian di atas, tampak adanya pengaruh yang tidak bisa dipisahkan antara pemberian motivasi oleh guru terhadap perilaku siswa, sebab sedikit banyak motivasi guru dapat mempengaruhi akhlak seseorang, bila apa yang telah dihasilkan atau diperoleh dari motivasi itu diamalkan dengan maksimal.
Pada pembahasan terdahulu telah dijelaskan, tentang pemberian motivasi guru secara lisan maupun secara perbuatan, kedua sub motivasi tersebut merupakan kombinasi dalam rangka mendidik akhlak dan perilaku siswa.

Oleh karena itu, semakin baik motivasi yang diberikan guru pada siswa, serta tauladan yang dicontohkan pula, maka akan semakin nampak hasilnya baik akhlak siswa yang berhubungan lembaga pendidikan, realitas masyarakat maupun keluarga. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi guru secara lisan atau perbuatan memiliki hubungan yang positif dengan perilaku siswa baik di sekolah ataupun di rumah.
  1. Hipotesis
Setelah penulis mengadakan kajian terhadap beberapa sumber, maka langkah berikutnya adalah merumuskan hipotesis. Sutrisno Hadi berpendapat: Hipotesis adalah dugaan yang mungkin benar dan mungkin salah. Dia akan ditolak jika salah atau palsu, dan akan diterima jika fakta-fakta membenarkannya. Penolakan dan penerimaan hipotesis dengan begitu sangat tergantung kepada hasil-hasil penyelidikan terhadap fakta-fakta yang dikumpulkan.
Dari ungkapan diatas memberikan pemahaman bahwa hipotesis adalah sebuah kesimpulan sementara yang secara teoritis akan dijadikan pegangan dalam proses laporan penelitian.
Sebelum terjun kepada penelitian seorang peneliti merumuskan terlebih dahulu hipotesis secara jelas dengan maksud agar proses penelitiannya lebih terarah, disamping juga akan memudahkan peneliti dalam membuktikan kebenaran hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya.
Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Hipotesa Mayor
Bahwa ada pengaruh pemberian motivasi oleh guru terhadap perilaku siswa.
2.    Hipotesa Minor
a.    Bahwa ada pengaruh pemberian motivasi oleh guru secara lisan terhadap perilaku siswa .
b.    Bahwa ada pengaruh pemberian motivasi oleh guru secara perbuatan terhadap perilaku siswa .
Akhirnya untuk membuktikan kajian teori dan hipotesa ini, benar atau salah hipotesa yang telah dirumuskan masih memerlukan pengujian atau analisis data melalui penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar