Label

Selasa, 22 Desember 2015

Upaya-upaya meningkatkan kompetensi guru

     
Guru merupakan komponen yang terpenting dalam proses belajar mengajar, karena pada setiap diri guru terletak tanggung jawab untuk membawa siswanya menuju tingkat kematangan dan kedewasaan. Agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab tersebut secara optimal, maka kemampuan dasar atau kompetensi guru harus diupayakan dengan masksimal.
Upaya-upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dapat ditempuh melalui tiga hal yaitu:
a. Melalui peningkatan pendidikan dan latihan
b. Melalui peningkatan fungsi dan peningkatan pemanfaatan kelompok profesi guru
c. peningkatan pemanfaatan sumber daya dan sumber dana secara efektif (Uzer Usman, 1996:15)
Upaya-upaya itu merupakan satu kesatuan yang harus terintegrasi guna mengoptimalkan peningkatan kompetensi guru sesuai dengan perkembangan zaman.
Upaya yang paling strategis adalah melalui jenjang pendidikan dan latihan. Melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi guru akan mendapatkan serangkaian pengetahuan dan pengalaman, mendapat berbagai keterampilan serta nilai dan sikap yang lebih menyeluruh dan terpadu, sehingga dengan peningkatan pendidikan dan latihan akan meningkatkan guru memiliki wawasan yang luas, kemahiran pembelajaran yang mantap serta kedalaman sikap dan profesionalisme di dalam menjalankan tugas dan pofesinya.
Kompetensi professional guru, selain berdasarkan pada bakat guru, unsure pengalaman dan pendidikan memegang peranan yang sangat penting, pendidikan guru, sebagai suatu usaha yang berencana dan sistematis melalui berbagai program yang dikembangkan oleh LPTK dalam rangka usaha peningkatan kompetensi guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar