Label

Minggu, 31 Januari 2016

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Keberhasilan Belajar

                    Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Keberhasilan Belajar.

Proses belajar dan hasil belajar para siswa bukan hanya ditentukan oleh sekolah, pola struktur, dan isi kurikulumnya, akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing mereka. Guru yang kompeten akan lebih mampu mmenciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan dan akan lebih mampu mengelola keduanya, sehingga belajar para siswa berada pada tingkat optimal.
Keberhasilan guru melaksanakan peranannya dalam bidang pendidikan sebagian besar terletak pada kemampuannya (kompetensinya) melaksanakan berbagai peranan yang berdifat khusus dalam situasi mengajar dan belajar (Oemar Hamalik, 2002:48)
Berhasil tidaknya pendidikan ditentukan juga oleh tanggung jawab guru sebagai pendidik. Setiap guru professional harus memenuhi persyaratan sebagai manusia yang bertanggung jawab dalam bidang pendidikan. Guru selaku pendidik bertanggung jawab menanamkan nilai-nilai dan norma-norma kepada murid muridnya, sehingga  terjadi pemeliharaan nilai bahkan melalui proses pendidikan diusahakan munculnya nilai-nilai baru. Dalam proses ini pendidik berfungsi mencipta, memodifikasi dan menkonstruksi nilai-nilai baru.
Guru akan mampu melaksanakan tanggung jawab apabila dia memiliki kompetensi yang dipadukan untuk itu. Setiap tanggung jawab memerlukan sejumlah kompetensi. Setiap kompetensi itu dapat dijabarkan menjadi sejumlah kompetensi yang lebih kecil lebih khusus diantaranya :
a.             Tanggung jawab moral
Setiap guru professional berkewajiban menanamkan moral dan nilai-nilai kepada anak didiknya, karena seseorang dinilai berhasil dalam studinya bukan hanya mempunyai bermacam-macam materi yang dipelajari di sekolah, tapi dia juga harus memiliki budi pekerti yang terpuji. 
b.      Tanggung jawab dalam pendidikan sekolah
Guru bertanggung jawab melaksanakan kegiatan pendidikan di sekolah dalam arti memberikan bimbingan dan pengajaran kepada siswa. Tanggung jawab ini haruslah direalisasikan dalam bentuk melaksanakan pembinaan kurikulum, menuntun para siswa belajar.
c.       Tanggung jawab dalam bidang keilmuan
Guru sebagai pendidik yang berfungsi memberikan ilmu, harus bertanggung jawab atas segala materi yang disampaikan, karena guru kalau mewariskan pelajaran yang salah, maka akan mengakibatkan fatal dan apabila siswa itu jadi guru dia juga akan mewariskan kesalahan dan demikian seterusnya.
Kompetensi dalam hal ini tidak hanya berperan untuk mendorong keberhasilan belajar siswa, tapi lebih jauh lagi untuk memberikan stimulus kepada siswa agar lebih agresif dan progresif dalam belajar, kompetensi guru merupakan pemilikian keterampilan sertakemampuan guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Oleh karena itu guru yang berkompeten akan dapat memberikan dampak atau warna secara langsung terhadap pencapaian prestasi belajar siswa di sekolah, tidak hanya pada penguasaan materi dan teknologi serta seni tetapi juga terbentuknya intelegensi matangnya kepribadian dan berkembangnya kreatifitas sesuai dengan bakat dan minat siswa. Jelasnya kompetensi profesi guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar