Label

Sabtu, 12 September 2015

Makalah HASIL OBSERVASI ANAK BERKELAINAN



 

Makalah

HASIL OBSERVASI ANAK BERKELAINAN
DI SLB ABCD PGRI 2 JAJAG



 



 












Oleh :
                                



STAI IBRAHIMY GENTENG BANYUWANGI
2014




P R O F I L
SEKOLAH LUAR BIASA
SLB ABCD PGRI JAJAG KECAMATAN GAMBIRAN
KABUPATEN BANYUWANGI
TAHUN 2013/ 2014

I.              PENDAHULUAN

Sejarah berdirinya SLB ABCD PGRI 2 Jajag, Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi dilatarbelakangi adanya kebutuhan akan pendidikan dan layanan sosial bagi anak-anak bangsa yang kurang beruntung/ cacat disekitar wilayah Banyuwangi bagian selatan, disamping panggilan hati dari perintis berdirinya SLB ABCD PGRI 2 Jajag ( yaitu : Bapak Sunari, Ibu Sumarmi, dan Bapak Sugiarto) yang waktu itu berjuang tanpa pamrih dengan satu tekat yaitu  “Mendirikan Sekolah Luar Biasa” di wilayah kecamatan.
Dengan melalui banyak tantangan dan proses yang cukup panjang, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1990 berdirilah Sekolah Luar Biasa dengan nama SLB ABCD PGRI 2 Jajag yang terletak numpang di Balai Dusun Jatisari, desa Jajag kecamatan Gambiran. Dengan siswa mula-mula 6 anak dan 3 guru yang semuanya sukarelawan murni.
Setelah berjalan + 5 tahun, tepatnya pada tanggal 18 Juli 1995 dengan jumlah siswa 25 jenjang TKLB dan SDLB serta 4 orang guru, SLB ABCD PGRI 2 Jajag resmi terdaftar pada Dinas P dan K Provinsi Jawa Timur, Nomor : 19993/I04/F/1995. Karena perkembangan sekolah yang semakin pesat pada 1 Juli 2006, SLB yang tadinya numpang di Balai Dusun Jatisari dengan berbagai pertimbangan, al : jumlah siswa semakin banyak sementara daya tampung tidak cukup, lokasi sekolah yang mepet dengan jalan raya sangat berbahaya bagi anak-anak, jenjang pendidikan yang bertambah dari TKLB, SDLB menjadi TKLB-SDLB-SMPLB, dan suasana belajar yang harus bergantian dengan kegiatan dusun,maka melalui musyawarah pihak SLB-Orangtua-PGRI Kec. Gambiran, akhirnya SLB ABCD PGRI 2 Jajag pindah ke desa Yosomulyo (menempati lokasi tanah PGRI dan gedung bekas SMP 12 PGRI Banyuwangi, Kec. Gambiran sampai sekarang)  Selanjutnya secara terus menerus SLB ABCD PGRI 2 Jajag terlegalisasi sebagai berikut :
1.    Tanggal 10 Desember 1998 perpanjangan Ijin Operasional ke Dinas P dan K Provinsi Jawa Timur, Nomor : 122622/I04/KP/1998,
2.    Tanggal 1 Maret 2002 Terdaftar pada Dinas P dan K Kabupaten Banyuwangi, Nomor : 421.1/987/439.102/2002.
3.    Tanggal 25 Agustus 2004 perpanjangan Ijin Operasional dan NIS dari Dinas P dan K Provinsi Jawa Timur, Nomor : 421.8/626108.10/2004
4.    Tanggal 12 September 2006, SLB ABCD PGRI 2 Jajag jenjang SDLB terakreditasi B, oleh Badan Akreditasi Sekolah/ BAS Provinsi Jawa Timur Nomor : 036/5/BASDA-P/TU/II/2007
5.    Tanggal 10 September 2007 perpanjangan Ijin Operasional dan NIS dari Dinas P dan K Provinsi Jawa Timur, Nomor : 412.8/752/108.10/ 2007
6.    Tanggal 28 Nopember 2008, SLB ABCD PGRI 2 Jajag jenjang SMPLB terakreditasi B, oleh BAN-SM Provinsi Jawa Timur Sertifikat Nomor : lb.000313
Demikian seterusnya dimana sebagai sekolah swasta, wajib hukumnya untuk terus memperbaharui surat ijin operasional dan berkerja keras berinovasi sesuai perkembangan jaman.

II.            LATAR BELAKANG
Anak berkebutuhan khusus merupakan bagian dari anak pada umumnya. Mereka memiliki hak yang sama seperti anak normal dalam memperoleh kesempatan pendidikan dan pengajaran. Hal ini seperti termaktup dalam :
1.    UUD 1945, pasal 31 ayat (1) menyatakan, “Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan  pengajaran”.
2.    UU RI nomor 2 tahun 1989, tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 8 ayat (1) menyatakan bahwa, “warga negara yang memiliki kelainan fisik dan atau mental berhak mendapatkan pendidikan”.
3.    Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun1991, tentang Pelaksanaan Pendidikan Luar Biasa.
4.    Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Sosial, dan Menteri Dalam Negeri nomor 0318/P/1984, 64 tahun 1984, 43 HUK/Kep/VII/1984 dan 45 tahun 1984 tentang bantuan terhadap anak kurang mampu, anak cacat/berkelainan, bertempat tinggal di daerah terpencil dalam rangka pelaksanaan wajib belajar.
5.    Undang Undang SISDIKNAS tahun 2003 Bab VI pasal 17 ayat 2 ; Pendidikan Dasar berbentuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau bentuk lain yang sederajat (SDLB) atau Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau bentuk lain yang sederajat (SMPLB).
6.    Upaya Pemerintah Propinsi dalam menuntaskan wajib belajar 9 Tahun, bahkan 12 tahun.
      Realita menunjukkan bahwa masih banyak anak berkebutuhan khusus yang belum mendapatkan pelayanan yang sesuai, diantaranya adalah kesempatan untuk memperoleh pendidikan/ anak droup out, selain karena sosial ekonomi orangtua rata-rata tidak mampu sebagian besar SLB diwilayah kabupaten Banyuwangi adalah swasta yang kondisinya juga kurang memadai sehingga anggaran yang diperlukan untuk mencukupi kebutuhan sekolah sebagian masih melibatkan keikutsertaan orangtua dan masyarakat yang kemampuannya juga terbatas. Dengan kata lain program Wajib Belajar 9 tahun dan 12 tahun masih belum tuntas karena belum menyentuh hak dasar pada anak-anak berkebutuhan khusus secara optimal.
      Untuk menunjang kegiatan pelayanan pendidikan tersebut, maka pihak sekolah bersama Komite Sekolah mencanangkan program jangka pendek yaitu segera melakukan pengadaan/ pembenahan-pembenahan sarana prasarana, agar kegiatan dapat terprogram dan terencana dengan baik, disamping sarana yang telah ada dapat dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan pembelajaran yang murah, nyaman, aman, dan kondusif sehingga tercipta peningkatan mutu pendidikan yang sangat diharapkan oleh lembaga maupun masyarakat.

III.           VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH

A.   Visi Sekolah
“ Unggul dalam berprestasi, disiplin dan mandiri dalam berkarya berlandaskan nilai Iman dan Taqwa kepada Tuhan YME”.

B.   Visi Sekolah
1.    Mendidik siswa menjadi pribadi-pribadi yang bertaqwa kepada Allah SWT, kreatif, terampil, dan berwawasan luas dengan tidak meninggalkan Akhlakul Karimah.
2.    Membiasakan berprilaku tertib, disiplin, tepat waktu, dan memberdayakan segala potensi siswa, guru, pimpinan serta orangtua.
3.    Membimbing siswa memperoleh prestasi dipelbagai bidang melalui pembinaan, peningkatan mutu secara terprogram.
4.    Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah, nyaman, aman dan bersahabat.
5.    Mewujudkan hubungan yang harmonis antara guru/ pengasuh, karyawan, murid, orangtua, dan masyarakat sekitar sekolah.
6.    Meningkatkan pelayanan terhadap setiap masalah yang telah diprogramkan.


C.   Tujuan Sekolah :
1.        Tujuan Edukasi
§  Mendorong dan memberikan kebebasan siswa untuk beribadah, mendidik dan mengarahkannya menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, cerdas dan trampil sehingga dapat hidup mandiri dalam kehidupan dimasyarakat.
§  Menjalin kerjasama dengan masyarakat, instansi terkait dan dunia usaha dalam memajukan pendidikan luar biasa,
§  Menyiapkan siswa untuk melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi.


2.        Tujuan Vocasional
§  Terbentuknya lulusan yang mampu hidup di masyarakat dengan membekali tamatan Sekolah Luar Biasa utamanya pada jenjang SMPLB dengan kegiatan kreatif dan inovatif berupa Kecakapan Hidup (Life Skill), agar mereka memiliki kemampuan untuk memasuki dunia kerja baik formal maupun informal dalam bentuk mengembangkan usaha wiraswasta yang mandiri sesuai dengan jenjang dan jenis usaha yang dibutuhkan lingkungan yaitu melalui keterampilan : menganyam, meronce, menjahit dan bordir, membatik, potong rambut, salon, sablon, memasak (tata boga), pertukangan ringan, dan pertanian serta pertokoan.
3.        Tujuan Sosial
§  Menampung Anak Luar Biasa/ Penyandang Cacat, Anak Terlantar, Yatim, dan Yatim-Piatu dengan menyediakan layanan sosial panti dan non panti.
§  Mendorong kemampuan sosialnya agar dapat berkembang lebih optimal di masyarakat dengan ikut berpatisipasi dalam kegiatan dilingkungan sekitar panti.



D.   Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Tantangan
·         Kekuatan :
1.    Letak sekolah strategis dan mudah dijangkau dengan transportasi.
2.    Tersedia transportasi umum
3.    Ada dukungan dari komite sekolah
4.    Ada dukungan dari yayasan
5.    Masyarakat sekitar sekolah sangat mendukung eksistensi sekolah.
·         Kelemahan :
1.    Dukungan dari wali murid kurang optimal
2.    Beberapa ruang dan atapnya rusak
3.    Belum adanya tenaga administrasi, Pustakawan dan pesuruh tetap
4.    Dana operasional masih sangat terbatas
5.    Belum tersedia tenaga ahli
6.    Tenaga pendidik (guru) masih kurang
7.    Sarana prasarana dan media pembelajaran sangat terbatas
·         Peluang :  
1.    Terjadinya kerja sama dibidang vokasional dengan home industri di SMALB ADELWIS, batik Virdes dan dengan sanggar rias Nurita, dll
2.    Dukungan dari instansi terkait mulai nampak
3.    Dukungan dari Pemda Banyuwangi
·         Tantangan :
1.    Adanya tuntutan wajib belajar 9 tahun, bahkan Wajar 12 tahun
2.    Sebagian besar siswa berasal dari keluarga yang ekonomi lemah dan jarak sekolah dengan tempat tinggal jauh.
3.    Kesadaran masyarakat yang masih kurang dengan keberadaan PLB,
4.    Sekolah belum memiliki donatur tetap,
5.    Mutu lulusan sebagian besar belum dapat mandiri,
6.    Menyelenggarakan pendidikan yang setara dengan sekolah umum bagi siswa yang memiliki kemampuan akademik yang memadai terutama untuk anak Tuna Netra, Tuna Rungu dan Tuna Daksa.
7.    Menyelenggarakan pendidikan keterampilan/ vokasional secara terarah, terpadu dan berkesinambungan untuk bekal hidup di masyarakat.
8.    Mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan belajar bagi anak berkebutuhan khusus.
9.    Memberi bekal kepada anak dengan keterampilan menurut bakat dan jenis kelainannya sehingga dapat bersosialisasi dengan lingkungan.
 
E.   Sasaran Kegiatan, Strategi Pelaksanaan Kegiatan dan Indikator Keberhasilan :

   SASARAN KEGIATAN SEKOLAH                       :

§    Siswa SLB ABCD PGRI 2 Jajag
§    Anak berkebutuhan khusus diwilayah kecamatan Gambiran dan sekitarnya.
§    Sekolah sekitar wilayah kecamatan Gambiran
§    Masyarakat sekitar, orang tua, tokoh masyarakat dan instansi terkait.
§    Anak Luar Biasa yang terlantar/ Yatim/ Yatim-Piatu dengan menyediakan layanan panti.

            STRATEGI PELAKSANAAN KEGIATAN            :

·                Mengupayakan sarana dan prasarana yang memadai
·                Bekerja sama dengan lembaga lain untuk pelatihan kerja bagi siswa SLB yang sudah lulus/tamat.
·                Mensosialisasikan PLB disekolah dan masyarakat Kecamatan Gambiran, tokoh masyarakat, dan orang tua.

INDIKATOR KEBERHASILAN          :
·               Animo pendaftar meningkat
·               Prestasi siswa meningkat
·               Produk hasil karya dapat dipamerkan, bahkan sebagian dipasarkan

F.    Kegiatan Keterampilan dan Pelatihan :
·               Keterampilan menganyam
·               Keterampilan meronce
·               Keterampilan menjahit
·               Keterampilan membatik
·               Keterampilan potong rambut
·               Keterampilan salon
·               Keterampilan cetak sablon
·               Tata boga / keterampilan memasak
·               Keterampilan pertukangan ringan
·               Komputerisasi dan Internet
·               Keterampilan pertanian / perkebunan, dan
·               Pertokoan/ pracangan

G.   Produk Unggulan Hasil Keterampilan
·           Kap lampu
·           Tempat tisu flanel
·           Tempat tisu daur ulang

H.   Sumber Daya Manusia :
                  Staf Pengajar SLB ABCD PGRI Jajag, Kecamatan Gambiran Banyuwangi, terdiri para Guru Senior yang memiliki dedikasi tinggi dan pengalaman serta kemampuan manajerial, dengan latar pendidikan:
1.       Pasca Sarjana Pendidikan Umum
2.       Sarjana Pendidikan Luar Biasa.
3.       Sarjana Muda Pendidikan Luar Biasa.
4.       Sarjana Pendidikan Lainnya.
5.       Tenaga Ahli dalam bidang Vocational.

IV.          PROFIL SEKOLAH


1.      IDENTITAS  SEKOLAH :
a.    Nama Sekolah                  : SLB PGRI Jajag, Kec. Gambiran
Status                                : Swasta
Jenjang Pendidikan          : TKLB, SDLB, SMPLB
Jenis Kelainan                   : A, B, C, C1, D, Autis/ Campuran
b.    No. Statistik Sekolah        : 892052507002
·         A. NIS / NPSN TKLB  : 281630 / 20525657
·         B. NIS / NPSN SDLB : 281640 / 20526020
·         C. NIS / NPSN SMPLB          : 281650 / 20525691
c.    Tahun berdiri                     : 01 Maret 1990
d.    Akreditasi             : (B)
·         Sk. Nomor                  : 036/5/Basda-P/TU/II/2007 tgl.12-09-06
·         Oleh                            : Badan Akreditasi Sekolah Prov. Jatim
e.    Lokasi Sekolah                 :
Jarak ke kecamatan         : + 4 km
Jarak ke pusat otoda        : + 45 km
Terletak di daerah : pedesaan
Terletak pd lintasan           : jalan poros provinsi
f.     Keg. Pembelajaran           : pagi hari
g.    Bangunan sekolah            : milik sendiri
h.    Status tanah                      : hak milik (sertifikat no. 12.37.07.08.1.
                                             00445) Luas tanah : 1810 m2
i.      Nama KS Koordinatif        : SUGIARTO, S.Pd, M.Pd
j.      Alamat Sekolah                :
·         Propinsi                       : Jawa Timur
·         Kabupaten                   : Banyuwangi
·         Kecamatan                 : Gambiran
·         D e s a                         : Yosomulyo
·         Jalan                           : Raya Jajag Km.4
·         Kode Pos                    : 68486
k.    Nomor Rekening  : 0552045513
·         Nama Bank                 : Bank Jatim
·         Kantor                         : Banyuwangi
l.      Pemegang Rekening        :
·         Kepala Sekolah           : SUGIARTO, M.Pd
·         Bendahara Sekolah    : NIMA NURITA, S.Ag,  S.Pd
m.   Nama Yayasan                 : Perkumpulan Pembina Lembaga Pendi- dikan Dasar dan Menengah Persatuan Guru Republik Indonesia (PPLP DASMEN-PGRI) Kabupaten Banyuwangi
n.    Alamat Yayasan               : Jln. A. Yani No. 82, Telp. 0333-423066
o.    Jumlah siswa per januari 2011  :
·         TKLB               :           14   SISWA, (18 = 90 % siswa aktif)
·         SDLB              :           73   SISWA, (63 = 97 % siswa aktif)
·         SMPLB           :           28   SISWA, (20 = 91 % siswa aktif)
                                                                                                +
J  u  m  l  a  h  :        115   siswa aktif (101 siswa) = 94.4 %




p.    Keadaan Pegawai/ Guru  :
·         Jumlah guru dan ks               
·         Guru negeri                 :           4   orang
·         Guru  bantu                 :           -   orang
·         Gtt/ honorer                 :           8   orang
·         Tu dan pesuruh           :           1   orang


2.      IDENTITAS KEPALA SEKOLAH :
2.1. Nama Lengkap KS                      : SUGIARTO, S.Pd,  M.Pd
Pendidikan :
·         SD                                        tamat tahun 1982
·         SLTP/Sederajat                   tamat tahun 1985
·         SLTA/Sederajat                   tamat tahun 1988
·         SGPLB/Sarmud                   tamat tahun 1990
·         S-1                                       tamat tahun 1998
·         S-2                                       tamat tahun 2003
2.2. Jurusan Pendi. Terakhir  : TEP (Teknologi Pembelajaran)
2.3. Masa kerja KS pada sekolah tempat bertugas saat ini :
·         04 tahun, dari tahun  (2008  sd. 2012)
2.4. Pelatihan yang pernah diikuti :

3.      EADAAN SISWA :
3.1.        Jumlah Siswa
3.1.1.Data Siswa 3 tahun terakhir
a)         jenjang TKLB :

Kelas

Jumlah Siswa
Jumlah Ruang Kls
Jumlah Rombel
10-11
11-12
12-13
10-11
11-12
12-13
10-11
11-12
12-13
A
6
11
3
-
-
-
1
1
1
B
14
7
11
1
1
1
1
2
2
JML
20
18
14
1
1
1
2
3
3

b)         jenjang SDLB :

Kelas

Jumlah Siswa
Jumlah Ruang Kls
Jumlah Rombel
10-11
11-12
12-13
10-11
11-12
12-13
10-11
11-12
12-13
I
10
14
10
1
1
1
2
2
2
II
8
12
15
-
-
-
2
2
2
III
8
9
13
1
1
1
2
2
2
IV
11
10
14
1
1
1
2
2
2
V
12
13
13
-
-
-
2
2
3
VI
7
7
8
-
-
-
1
2
2
JML
56
65
73
3
3
3
11
12
13

c)         jenjang SMPLB :

Kelas

Jumlah Siswa
Jumlah Ruang Kls
Jumlah Rombel
10-11
11-12
12-13
10-11
11-12
12-13
10-11
11-12
12-13
VII
7
6
10
-
-
-
2
2
2
VIII
10
7
9
1
1
1
1
2
2
IX
3
9
9
-
-
-
1
1
2
JML
20
22
28
1
1
1
4
5
6

3.2.        Angka Putus Sekolah
TAHUN PELAJARAN
KELAS 1
KELAS 2
KELAS 3
JUMLAH
1
2
3
4
5
2013/2014
-
1
1
2
Alasan Putus Sekolah : Ikut orangtua ke luar Jawa dan menikah

4.      RASIO PENERIMAAN SISWA :
TAHUN PELAJARAN
JUMLAH SISWA
PENDAFTAR
DITERIMA
1
2
3
2011 / 2012
29
27
2012 / 2013
30
28
2013 / 2014
35
27
Alasan tidak diterima : Daya Tampung/ Kelas sangat terbatas

5.      KEADAAN GURU :
No
Status Guru
Tingkat Pendidikan
SLTP
SLTA
D-1
D-2
D-3
S-1
S-2
1
Guru Tetap
-
-
-
-
-
3
1
2
Guru Tidak Tetap/ GTT
-
3
-
-
-
4
-
3
Guru Tetap Yayasan/ GTY
-
-
-
-
-
7
-
Jumlah
0
3
0
0
0
14
1

6.      KONDISI KELAS DAN RUANG LAINNYA :
No
Kelas
Jumlah Ruang/
Kondisi
Ruang Lain
Jumlah Ruang/
Kondisi
Baik
Cukup 
Rusak
Baik
Cukup 
Rusak
I
TKLB
--
--
--
Ruang Kopsis
-
-

A
-
-
Ruang Pramuka
-
-
-

B
-
-
-
Ruang Pertemuan
-
-
-
II
SDLB
--
--
--
Laboratorium
-
-
-

1
-
-
Ruang Keterampilan
-
-

2
-
-
-
Ruang Perpustakaan
-
-
-

3
-
-
Ruang Khusus/ OM
-
-
-

4
-
-
-
Ruang Braille
-
-
-

5
-
-
R. Khusus/ BKBPI
-
-
-

6
-
-
-
R. Hydro Therapy
-
-
-
III
SMPLB
--
--
--
R. Bina Pribadi & Sos
-
-
-

1
-
-
R. Masage
-
-
-

2
-
-
-
R. Musik
-
-
-

3
-
-
-
Asrama / panti SLB
-
-
Jumlah
5
0
0

0
3
0

7.      DATA SARANA PENDIDIKAN :
No.
Jenis Sarana
Jumlah
Kondisi
1
2
3
4
A
Gedung/ Bangunan :



1.  Kantor Sekolah
1
Baik

2.   Ruang Kelas
4
Sedang

3.   Ruang Perpustakaan
-
-

4.   Ruang UKS
1
Sedang

5.   Ruang Keterampilan
1
Rusak

6.   Laboratorium
-
-

7.   Ruang Kepala Sekolah
1
Baik

8.   Ruang Guru
1
Baik

9.   Rumah Dinas Penjaga
-
-




B
Mebelair                  :



1.  Meja Kursi Murid
68
Rusak 6

2.  Meja Kursi Guru
14
Baik

3.  Almari
8
Sedang

4.   Rak Perpustakaan
-
-




C
Buku Pelajaran / Paket :



1.  Buku Paket
275
Baik

2.  Buku Bacaan
225
Baik




D
Barang Inventaris       :



1.  Mesin Ketik
2
Rusak 1

2.  Komputer
5
Baik

3.  Printer
6
Rusak 5

4 .  OHP
1
Sedang

5.   Mesin Ketik Braille
1
Sedang

6.   Laptop
1
Sedang


LEMBAR IDENTIFIKASI
IDENTIFIKASI ANAK LUAR BIASA/ PK/ PLK :
1)            Nama Anak                                : Aji Prasetyo
2)            Jenis Kelamin                             : Laki-Laki
3)            TTL / Umur                                : Bwi, 22-02-2001 
4)            Anak ke-                                                : 2 (dua )
5)            Status anak dlm keluarga           : Kandung
6)            Kelas                                          : 5 (tiga)
7)            Jenjang Pendidikan                    : SDLB
8)            Nama Sekolah                            : SLB ABCD PGRI 2 JAJAG
9)            Alamat Sekolah                          : Jl. Raya jajag Km. 4 Yosomulyo
10)        Jenis kelainan                            : Tunarungu
11)        Ciri-ciri anak                              : Aktif, tidak bisa mendengar dan bicara.                                                                                                                                       
12)        Riwayat hidup anak                   :
·         Prenatal                                : Normal
·         Natal                                    : Normal
·         Post natal                             : Demam tinggi pada usia 2 bulan dan                                                               mengalami kejang-kejang
                                                                    
13)        Nama orang tua              :
·         Ayah                                    :  Sunyono
·         Ibu                                        :  Suswati
14)         Alamat rumah                            :  Terong  Rt 02/Rw 02                                                                                         Campusari Banyuwangi

DIAGNOSA  DAN UPAYA TINDAK LANJUT
A.    Diagnosa
Diagnosa yang saya lakukan  dengan  sumber- sumber yang saya peroleh   seperti bertanya pada guru dan  tim ahli di sekolah tersebut,
 Adit adalah anak laki-laki yang mengalami gangguan atau kelainan pada fase postnatal  yaitu terganggunya  fungsi pendengaran disebabkan karna mengalami panas tinggi ketika dia umur 1 tahun hingga mengalami step kemudian Adit berobat pada dokter dan akhirnya sembuh. Orang tua tidak menganggap panas tersebut sesuatu hal yang bisa menggagu kehidupan anaknya dan dianggapnya wajar wajar saja. akhirnya setelah peristiwa itu barulah orang tuanya curiga kenapa Adit tidak mengalami perkembangan seperti anak lainya. Kemudian Adit di periksakan pada dokter THT dan diperoleh hasil ada gangguan ada saraf pendengaran Adit. Kemudian orang tua Sadar bahwa Adit mengalami gangguan pada bicaranya. Orang tua semat mengalami  kebingungan apa yang akan terjadi pada masa depan Adit dengan keadaannya tersebut. Kemudian orang tua menemukan solusi bahwa ada sekolah yang bias menampung anak tunarungu yaitu di SLB.   
B.     Upaya  tindak  lanjut
                 Adit sekarang sudah sekolah di SLB dia sekolah mulai kelas 1 SDLB hingga kini sudah kelas 3 SDLB  upaya yang dilakukan orang tua sudah tepat dengan sekolah di SLB anak merasa bahwa lingkungan yang dia tempati untuk belajar dia anggap sama dengan dirinya. Di SLB guru   memberikan pengajaran akademis dengan menggunakan kurikulum yang sudah disediakan oleh pemerintah juga  pengajaran vokasional/keteramilan dan sosil seperti yang terdapat ada VISI MISI SLB ABCD PGRI 2 Jajag dengan tujuan agar anak kelak bisa hidup mandiri tanpa tergantung pada orang lain dan berbaur dengan masyarakat luas.

Lampiran foto
PAPAN NAMA SLB ABCD PGRI 2 JAJAG








Tidak ada komentar:

Posting Komentar