Label

Senin, 05 Oktober 2015

Pembelajaran saintifik

Hasil Kegiatan
Setiap guru diharapkan mampu:
Memahami pembelajaran saintifik pada kurikulum 2013
Membedakan dimensi faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dari pengetahuan
Mengembangkan keterampilan siswa pada ranah konkrit dan abstrak
Melaksanakah langkah pembelajaran 5 M
Merancang dan melaksanakan pembelajaran saintifik
Pembelajaran saintifik merupakan pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah saintis dalam membangun pengetahuan melalui metode ilmiah. Model pembelajaran yang diperlukan adalah yang memungkinkan terbudayakannya kecakapan berpikir sains, terkembangkannya “sense of inquiry” dan kemampuan berpikir kreatif siswa (Alfred De Vito, 1989)
Untuk memperkuat pendekatan ilmiah (scientific), tematik terpadu (tematik antarmata pelajaran), dan tematik (dalam suatu mata pelajaran) perlu diterapkan pembelajaran berbasis penyingkapan/ penelitian (discovery/inquiry learning). Untuk mendorong kemampuan peserta didik untuk menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok maka sangat disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah(project based learning). (Permendikbud No 65/2013) lebih lanjutnya bisa diambil pada link ini :
http://downloads.ziddu.com/download/25022366/1.Pembelajaran_saintifik.ppt.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar