Label

Jumat, 27 November 2015

Tentang Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI



A.    Tentang Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI
Di dalam proses belajar mengajar, media pembelajaran sangat dominan sebagai penentu terhadap pencapaian tujuan pendidikan itu sendiri. Media pembelajaran merupakan pengaruh yang sangat berarti dalam proses belajar, karena dengan media materi pengajaran akan mudah dipahami oleh siswa dan dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Sehingga guru perlu memperhatikan betapa pentingnya pengunaan media terhadap prestasi belajar siswa.
Salah satu cirri media pengajaran adalah bahwa media mengandung dan membawa pesan atau informasi kepada penerima yaitu siswa. Sebagian media dapat mengolah pesan dan respon siswa sehingga media itu sering disebut media interaktif. Pesan dan informasi yang dibawa oleh media bisa berupa pesan yang sederhana dan bisa pula pesan yang kompleks. Akan tetapi, yang terpenting adalah media itu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan belajar dan kemampuan siswa, serta siswa dapat aktif berpartisipasi dalam proses belajar mengajar.
Bidang studi Pendidikan Agama Islam dalam penyampaiannya juga membutuhkan media yang dalam hal ini disebut media pendidikan Islam.
Mahfudh Shalahuddin mengatakan bahwa :
Media pendidikan Islam adalah semua aktivitas yang ada hubungannya dengan materi pendidikan agama, baik berupa (peraga) teknik maupun metodenya yang secara aktif dapat digunakan oleh guru agama dalam rangka untuk mencapai tujuan tertentu dan tidak bertentangan dengan syariat agama itu sendiri (Moh. Amin, tt:94)
Dengan demikian, maka jelaslah bahwa termasuk salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar siswa adalah penyampaian materi pelajaran yang jelas dengan menggunakan media sebagai alat bantu dalam pengajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar